Rabu 16 Aug 2023 12:25 WIB

Sambut Kedatangan Delegasi AEM, Begini Persiapan Bandara Ahmad Yani Semarang

Manajemen bandara juga telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
 Suasana apron Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menyambut pelaksanaan The 55th ASEAN Economic Ministers’ Meeting & Related  di Semarang.
Foto: Dokumen
Suasana apron Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menyambut pelaksanaan The 55th ASEAN Economic Ministers’ Meeting & Related di Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Berbagai persiapan dilakukan jajaran PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang guna mendukung kelancaran penyelenggaraan The 55th ASEAN Economic Ministers’ Meeting & Related Meeting, yang dihelat di Kota Semarang. PT AP I misalnya telah menyiapkan tiga parking stand khusus untuk jet pribadi.

Penyiapan fasilitas khusus tersebut dilakukan otoritas bandara yang ada di ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini, guna memastikan kelancaran seluruh proses kedatangan maupun keberangkatan para delegasi pada kegiatan yang dihelat 17-22 Agustus 2023.

General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Fajar Purwawidada mengungkapkan, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang melaksanakan rangkaian persiapan.

Khususnya guna mendukung kelancaran dan terlaksananya program The 55th ASEAN Economic Ministers’ Meeting & Related Meeting yang  diselenggarakan di Kota Semarang pada 17–22 Agustus 2023 nanti.

 

Untuk memastikan kelancaran prosesi kedatangan dan keberangkatan para peserta, pihak manajemen bandara telah melakukan koordinasi serta  kolaborasi dengan instansi terkait, khususnya imigrasi, custom, dan quarantine.

Demi mendukung kedatangan maupun keberangkatan para delegasi forum pertemuan ini, telah disediakan tiga parking stand khusus bagi keperluan The 55th ASEAN Economic Ministers’ Meeting & Related Meeting di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani.

Sehingga, apabila ada delegasi datang dan berangkat menggunakan private jet, fasilitas sudah disiapkan. "Kapasitas parking stand ini dapat menampung tiga pesawat narrow body atau empat sampai lima pesawat small body," ujarnya, Rabu (16/8/2023).

Penyediaan parking stand khusus ini, Fajar menjelaskan, dimaksudkan untuk memastikan kelancaran operasional bandara dalam melayani baik penerbangan para delegasi maupun penerbangan komersial.

"Sementara itu, bagi delegasi The 55th ASEAN Economic Ministers’ Meeting & Related Meeting yang datang menggunakan pesawat komersial, juga telah tersedia fasilitas garbarata," katanya.

Di sisi lain, Fajar juga menyampaikan, penyelenggaraan The 55th ASEAN Economic Ministers’ Meeting & Related Meeting ini juga menjadi momentum yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan Kota Semarang beserta seluruh fasilitas yang dimiliki.

Untuk bandara ia juga memastikan seluruh pelayanan dapat berjalan lancar, tidak hanya bagi delagasi yang datang namun juga bagi para pengguna jasa transportasi udara di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

 

Tidak hanya kesiapan di sisi layanan penerbangan (udara), Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang juga telah memastikan kesiapan personil dan gedung terminal secara keseluruhan.

Hingga saat ini, manajemen PT AP I telah berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan dalam penyediaan jalur khusus bagi para VIP, holding room, pintu masuk khusus kendaraan berstiker resmi dari panitia penyelenggara, dan area parkir kendaraan VIP.

“Selain kesiapan fasilitas, kami juga memastikan seluruh personil yang terlibat telah memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” kata Fajar.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement