Jumat 18 Aug 2023 16:10 WIB

Polda Jateng: Personel Terlatih Beri Pengawalan Melekat Delegasi AEM Meeting

Pengawalan melekat diberikan kepada para tamu VIP setingkat menteri.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Salah satu ruang kontrol kegiatan pengamanan pada penyelenggaraan forum Pertemuan Menteri Ekonomi (AEM) ke-55, di Hotel Padma, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (17/8).
Foto: Dok Humas Polda Jateng
Salah satu ruang kontrol kegiatan pengamanan pada penyelenggaraan forum Pertemuan Menteri Ekonomi (AEM) ke-55, di Hotel Padma, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (17/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Polda Jawa Tengah berikan pengawalan melekat kepada para delegasi dan tamu VIP ASEAN Economic Ministers (AEM Meeting) ke-55 di Semarang.

Personel dengan keahlian khusus disiapkan Polda Jateng untuk melakukan pengawalan melekat selama mereka mengikuti rangkaian kegiatan forum pertemuan ini.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengungkapkan, pengawalan melekat diberikan kepada para tamu VIP setingkat menteri dari negara peserta.

"‎Untuk AEM ini kita ada personil dari Brimobda Polda Jateng tidak hanya melakukan pengamanan lokasi (objek) namun juga melekat pada subjek atau orang saat melakukan kegiatan” ungkapnya, di Semarang, Jumat (18/8/2023).

Oleh para personel ini, kata Bayu, pengamanan melekat diberikan kepada para delegasi mulai saat  mereka tiba di bandara hingga di tempat-tempat lain yang dikunjungi.

Seperti pada Kamis (17/8) sore, ada sejumlah menteri dan delegasi yang melaksanakan tur keliling Kota Semarang dan melintas di sejumlah lokasi.

“Antara lain Sampokong, Lawang Sewu, Kota Lama Semarang, dan beberapa di antaranya juga ada yang menyempatkan singgah di salah satu restoran,” jelasnya.

Kabidhumas juga menyampaikan, ada tiga hotel di Kota Semarang yang menjadi venue kegiatan utama dan pendukung  AEM Meeting ini.

Semuanya telah dilakukan sterilisasi guna memastikan keamanan dan kenyamanan para delegasi peserta kegiatan AEM Meeting yang akan berlangsung hingga Selasa (22/8) nanti.

Bayu juga mengimbau kepada warga Kota Semarang untuk berpartisipasi menyukseskan kegiatan multinegara ini dengan turut menjaga keamanan dan ketertiban.

Sehingga para menteri, delegasi, dan tamu VIP lainnya merasa tenang, aman, dan nyaman selama berkegiatan dan saat berada di Kota Semarang.

“Karena, ini merupakan kesempatan untuk mengenalkan dan mempromosikan Ibu Kota Povinsi Jateng (Kota Semarang) di mata internasional,” katanya.

Sementara itu, Komandan Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jateng, Kompol Jon Peri menambahkan, para personel yang ditugaskan untuk pengawalan melekat kepada para delegasi AEM Meeting merupakan personel dengan kemampuan.

Mereka tidak hanya memiliki kemampuan beladiri, namun juga kemampuan menembak dan kemampuan dalam menguasai bahan peledak.

“Walaupun untuk penanganan ancaman bahan peledak tetap ditangani oleh Tim Jihandak, namun personel khusus ini memiliki kemampuan lengkap,” ungkap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement