Jumat 25 Aug 2023 10:07 WIB

Tiga Cara Tekuni Bidang Kerja agar Raih Kesuksesan

Sebuah proses tentu tidak akan pernah mudah.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Ilustrasi Orang bekerja di kantor.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Orang bekerja di kantor.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI), Paulus Totok Lusida mengungkapkan, terdapat tiga kunci cara menekuni dan memulai bidang pekerjaan. Ketiga hal itu antara lain keberanian, kerja keras, dan usaha.

Menurut dia, sukses memang tidak akan muncul hanya dalam semalam. Sukses dapat terjadi ketika seseorang bekerja keras dalam mewujudkan suatu hal. Hal tersebut ditegaskan Paulus di depan ribuan wisudawan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan itu, Totok menceritakan pengalaman hidupnya, terutama dalam mengarungi dunia kerja. Menurutnya, tidak mudah untuk menaklukkan dunia luar karena perlu adanya keberanian, kerja keras, dan usaha yang menjadi dimulainya dalam menekuni sebuah bidang.

Meskipun begitu, juga tidak boleh lupa untuk menampakkan eksistensi di masyarakat.  "Salah satunya dengan memberikan manfaat dan jawaban atas berbagai masalah yang ada,” katanya.

Ia juga menyebut ada tiga jalur yang bisa para wisudawan coba usai menyelesaikan studi di Kampus Putih UMM. Hal ini dimulai dari menjadi entrepreneur, akademisi, maupun karyawan profesional.

Semua tergantung minat dan potensi diri tiap mahasiswa.  Adapun Kampus Putih memang telah mewadahi ketiga jalur itu dengan beragam kegiatan dan program.

Misalnya saja dengan adanya Center of Excellence (CoE) yang melahirkan sumber daya manusia unggul. Selain itu juga memiliki kemampuan yang sesuai dengan dunia usaha dan dunia industri butuhkan.

Rektor UMM, Prof Fauzan mengatakan, para wisudawan baru akan memasuki proses sebenarnya usai lulus dan diwisuda. Menurutnya, semua proses memang tidak akan mudah. Akan selalu ada hambatan dan tantangan yang harus ditaklukkan.

Menurut dia, sebuah proses tentu tidak akan pernah mudah. "Gagal merupakan awal dari kesuksesan dan usaha juga adalah awal dari kesuksesan," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement