Selasa 05 Sep 2023 09:00 WIB

Konser 'Perpisahan' Ganjar-Taj Yasin, Jalan Pahlawan Semarang Ditutup Sementara

Aparat kepolisian menyiapkan pola rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi acara

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen.
Foto: dok. istimewa
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Para pengguna jalan di kawasan Kota Semarang wajib tahu. Terutama mereka yang setiap bari menggunakan Jalan Pahlawan Semarang dalam beraktivitas.

Pasalnya pada mulai Senin dan Selasa (4-5/9/2023), Jalan protokol ini bakal ditutup sementara untuk dua arah, baik dari arah Polda Jawa Tengah maupun dari arah Simpanglima

Penutupan dilakukan mulai dari depan Gedung Rimba Graha (arah selatan) sampai dengan ujung ruas Jalan Pahlawan di kawasan Simpanglima, Semarang.

Penutupan sementara ini berkaitan dengan digelarnya konser 'perpisahan' Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen, yang mengakhiri masa jabatannya sebagai gubernur dan wakil gubernur Jateng.

Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi yang dikonfirmasi mengungkapkan, penutupan sementara Jalan Pahlawan ini karena akan digelar konser bertajuk 'Terima Kasih Jawa Tengah'.

"Pemprov Jateng menggelar konser musik dalam rangka perpisahan gubernur dan wakil gubernur," ungkapnya, di Semarang.

Dua lajur Jalan Pahlawan, baik yang dari Simpang Lima menuju Polda maupun sebaliknya, ditutup dan penutupan dilaksanakan sejak Senin malam pukul 22.00 WIB hingga Selasa malam pukul 23.00 WIB

Penutupan dilakukan karena masyarakat yang akan menghadiri konser perpisahan ini diperkirakan cukup banyak dan tidak hanya datang dari Kota Semarang saja.

"Untuk itu, kami menyampaikan permohonan maaf kepada warga Kota Semarang, karena Jalan Pahlawan akan digunakan untuk menampung penonton dan stan pendukung," jelas dia.

Terkait dengan penutupan ruas Jalan Pahlawan ini, masih kata Yunaldi, Satlantas Polrestabes Semarang dan instansi terkait telah menyiapkan pola rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi penutupan ruas jalan tersebut.

Arus lalu lintas dialihkan ke ruas jalan lain guna menghindari ruas Jalan Pahlawan. Masing-masing dialihkan ke Jalan Veteran, Jalan Kusumawardani, atau ruas Jalan Sriwijaya.

Sementara arus lalu lintas dari kawasan Simpang Lima, jelasnya, diarahkan untuk tidak mengakses ke Jalan Pahlawan atau ruas jalan untuk penyelenggaraan konser.

"Namun pengendara diarahkan untuk mengakses melalui Jalan Pandanaran maupun Jalan Ahmad Yani, Semarang," ungkap kasatlantas.

Sementara, dari pengumuman yang telah disosialisasikan Humas Pemprov Jateng, konser 'Terima Kasih Jawa Tengah ini digelar mulai pukul 14.00 - 21.00 WIB.

Konser 'perpisahan' ini dimeriahkan penampilan sejumlah grup musik. Antara lain seperti Ndarboy Gank, NDX AKA, After Shine, Woro Widati, dan Vicky Prasetyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement