Ahad 10 Sep 2023 03:53 WIB

Ajang Porprov VIII Jatim, 13 Ribu Atlet Bersaing di 53 Cabor

Diharapkan pesta olah raga ini mendatangkan multiplier effect di lintas sektor.

Maskot Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VII 2023 menyapa masyarakat saat kirab obor api di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.
Foto: ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Maskot Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VII 2023 menyapa masyarakat saat kirab obor api di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Grup musik papan atas Indonesia, Padi Reborn, memeriahkan pembukaan ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur di Gelora Delta Sidoarjo pada Sabtu malam.

Selain Padi Reborn, beberapa artis pendukung juga memeriahkan turnamen olahraga rutin gelaran pemprov bersama KONI Jatim itu, seperti penampilan Elkiswah Band, Sodiq New Monata, drum band, tarian kolosal Sidoarjo Gemilang, Duty Oris, serta defile bendera, maskot, dan kontingen atlet kabupaten/kota peserta.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk meramaikan setiap pertandingan yang dihelat di ajang Porprov yang kali ini digelar di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Jombang.

"Ini adalah pesta olahraga kita Jatim, jadi mari sukseskan setiap pertandingan, baik yang di Sidoarjo, di Kota Mojokerto Kota, di Kabupaten Mojokerto, di Kabupaten Jombang. Juga ada yang di Nganjuk, Madiun, dan Surabaya," ujarnya.

Dengan memasifkan masyarakat yang menyukseskan Porprov VIII Jatim, Khofifah berharap gelaran pesta olah raga ini akan mampu mendatangkan multiplier effect di lintas sektor.

Bukan hanya meningkatkan capaian prestasi olahraga atlet Jatim, tapi juga mendongkrak ekonomi daerah. "Karena harapannya dengan penyelenggaraan Porprov Jatim yang sukses, bisa berdampak pada prestasi atlet Jatim di ajang lebih tinggi, termasuk peningkatan ekonomi daerah bisa ikut terdongkrak," ujarnya.

Sementara itu, pada Porprov VIII tahun ini jumlah atlet yang ikut sebanyak 13.008 orang dan  4.720 ofisial. Seluruh peserta memperebutkan gelar juara di 53 cabang olahraga dilombakan.

Pada kesempatan porprov tahun ini, terdapat beberapa cabang olahraga yang digelar di luar empat daerah tuan rumah, yaitu panjat tebing diselenggarakan di Kota Surabaya, dayung di Nganjuk, dan paralayang di Kabupaten Madiun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement