Kamis 14 Sep 2023 14:43 WIB

Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas Sudah Diperbolehkan Pulang dari RS

Kabar yang mengatakan mantan Wakil Ketua KPK tersebut mengalami strok tidak benar.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Busyro Muqoddas.
Foto: Republika/ Wihdan
Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Busyro Muqoddas.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ketua Pimpinan Pusat (PP) Bidang Hukum dan HAM, Busyro Muqoddas sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Busyro sempat menjalani perawatan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta setelah sebelumnya sempat dikatakan mengalami gejala ringan strok.

"Pak Busyro kemarin sore sudah balik (dari rumah sakit)," kata Sekretaris Badan Pembina Harian (BPH) PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta Budi Setiawan saat dikonfirmasi, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga

Budi mengatakan bahwa Busyro sudah diperbolehkan pulang karena pulih dari gejala strok ringan yang sempat dialaminya. Busyro sendiri sudah menjalani perawatan selama lima hari sejak dirawat pada Jumat (8/9/2023).

"Insya Allah sudah dinyatakan pulih," ujar Budi.

Sebelumnya diberitakan bahwa kondisi Busyro terus membaik setelah dikatakan mengalami gejala strok ringan. Namun, Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Mohammad Komarudin mengatakan bahwa Busyro dirawat bukan karena mengalami strok.

"Alhamdulillah bukan strok," kata Komarudin kepada Republika, Senin (11/9/2023).

Komarudin menegaskan informasi yang mengatakan bahwa mantan Wakil Ketua KPK tersebut mengalami strok tidak benar. Busyro dirawat karena mengalami masalah pada tungkai kirinya.

Saat dibawa ke rumah sakit, diinformasikan bahwa Busyro tidak bisa mengucapkan huruf R sehingga dikatakan mengalami gejala strok ringan. Meski, kondisinya sadar dan masih bisa berkomunikasi.

"Tidak benar (dirawat karena strok). Malam saat masuk (RS) sudah bisa ngobrol seperti biasa," ujar Komarudin.

Komarudin menjelaskan, terjadi pembengkakan pada tungkai kiri seusai menjalani operasi di area lutut. Meski begitu, saat ini kondisi Busyro sudah membaik.

"Bengkak pada tungkai kiri pasca-operasi area lutut dan saat ini kondisi sudah sangat baik," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement