Senin 18 Sep 2023 14:17 WIB

Ajang Maraton Internasional Yogyakarta Digelar 8 Oktober 2023, Pendaftaran Masih Dibuka

TIY42K akan dibagi menjadi tiga kategori yaitu 10K, 21K, dan 42K

Acara Road to The International Yogyakarta 42K Marathon (TIY42K) yang akan digelar pada 8 Oktober 2023 mendatang di Yogyakarta.
Foto: dokpri
Acara Road to The International Yogyakarta 42K Marathon (TIY42K) yang akan digelar pada 8 Oktober 2023 mendatang di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Penyelenggaraan The International Yogyakarta 42K Marathon (TIY42K) akan digelar pada 8 Oktober 2023 di Yogyakarta. Dyandra Promosindo bersama Raga Jiwa Mulia sebagai penyelenggara tengah bersiap mematangkan persiapan demi memastikan acara dapat berlangsung aman. Gelaran ini didukung oleh Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebagai gelaran yang menggabungkan olahraga dan wisata, Yogyakarta menjadi tempat yang cocok dengan keindahan kotanya mampu membantu pariwisata untuk tetap tumbuh. 

"Olahraga dan wisata saat ini menjadi kolaborasi kegiatan yang menimbulkan dampak positif terhadap pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi di suatu daerah. Semoga event sport tourism yang kita selenggarakan di Yogyakarta ini dapat menjadi bentuk dukungan pariwisata dan menciptakan event olahraga yang berkelanjutan di Yogyakarta," kata Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, dalam siaran persnya, Senin (18/9/2023).

Kegiatan olahraga sekaligus promosi wisata ini bertujuan untuk mengenalkan Yogyakarta yang penuh warisan sejarah dan budaya kepada pecinta lari nasional maupun internasional. TIY42K akan dibagi menjadi tiga kategori yaitu 10K, 21K, dan 42K. Titik start dan finish berlokasi di Alun-alun Sewandanan Kadipaten Pakualaman.

 

"Rute TIY42K akan melintasi ikon-ikon dan landmark Yogyakarta yang diharapkan dapat meningkatkan pariwisata di Yogyakarta dengan mendatangkan pelari nasional maupun internasional. Kami menargetkan lebih dari 2.000 pelari nasional maupun internasional mengikuti acara ini, dan kami mengajak untuk para calon peserta untuk segera daftar karena kuota kami hampir full," kata Direktur Utama Raga Jiwa Mulia, Rizky Fransisco.

Penyelenggara menyiapkan race pack dan hadiah menarik bagi pelari yang akan mengikuti TIY42K mendatang. Peserta akan mendapatkan race pack dan berkesempatan mendapatkan hadiah dengan nilai total 300 juta rupiah, medali bagi kategori pria dan wanita, serta kategori master bagi yang berusia di atas 40 dan 50 tahun. Jadwal pengambilan race pack akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 Oktober 2023.

Menuju hari penyelenggaraan TIY42K, akan diselenggarakan dua agenda pre-event di Yogyakarta dan Jakarta. Program pre-event ini dimulai di Menara Kopi, Yogyakarta pada tanggal 16 September 2023 yang melibatkan puluhan pelari. Program ini menjadi agenda pemanasan para pelari dan juga pemberian pelatihan oleh Matias Ibo selaku Coach Program dan Andre Caprina sebagai Coach Pacer.

Pendaftaran The International Yogyakarta 42K Marathon masih dibuka melalui situs resmi https://tiy42kmarathon.com/registration dengan biaya registrasi terbagi dari dua kategori, yakni WNI dan WNA. Kategori 42K untuk WNI Rp 850 ribu dan WNA Rp 1,2 juta. Sedangkan kategori half marathon 21K untuk WNI Rp 600 ribu dan WNA Rp 800 ribu. Pada kategori 10K untuk WNI senilai Rp 400 ribu dan WNA Rp 600 ribu. Harga tersebut sudah termasuk jersey peserta, kaos finisher bagi pelari kategori 42K yang menyelesaikan lomba, nomor BIB, race bag, gimmick sponsor, dan race map.

TIY42K juga memberikan harga khusus bagi peserta yang membeli lima tiket, yaitu mendapatkan gratis satu tiket untuk pembelian melalui website serta diskon 50 persen bagi peserta dengan KTP Yogyakarta dan Jawa Tengah, seperti Solo, Semarang, Salatiga, Purworejo, Sragen dan Wonosari. Dengan melibatkan peran pemerintah daerah dan masyarakat serta memberdayakan UMKM setempat, kegiatan ini juga berfungsi sebagai sarana untuk memperkuat kerja sama dan memajukan sektor ekonomi lokal.

Informasi lebih lanjut mengenai The International Yogyakarta 42K Marathon dan informasi registrasi TIY42K bisa dilihat lebih lanjut di akun Instagram @yogyakarta42k dan stus resmi  www.tiy42kmarathon.com.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement