Sabtu 23 Sep 2023 08:49 WIB

Buku Nikah Dimusnahkan di Sleman, Ada Apa?

Kankemenag Sleman telah dua kali melaksanakan pemusnahan buku nikah.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Buku nikah (Ilustrasi)
Foto: Republika
Buku nikah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tim kerja Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY melaksanakan pendampingan pemusnahan BMN berupa barang persediaan buku nikah di Kankemenag Kabupaten Sleman, Jumat (22/9/2023).

Buku nikah yang dimusnahkan sebanyak 2.278 (pasang); 90 buku nikah tunggal; 20 duplikat nikah pasang dan 14 duplikat nikah tunggal. Pada tahun 2023 ini, Kankemenag Sleman telah dua kali melaksanakan pemusnahan buku nikah.

"Selain itu kami juga memusnahkan daftar pemeriksanaan nikah sebanyak 826 eksemplar," tutur Supriyanto didampingi Yunny Astuti dari Keuangan dan BMN dalam rilis yang diterima Republika, Jumat (22/9/2023).

Menurutnya, pemusnahan ini sesuai dengan surat persetujuan pemusnahan BMN nomor B_6362/Kw.12.1/KS.01.6/08/2023 Tanggal 24 Agustus 2023. Ikut hadir dalam pemusnahan ini Kakankemenag Sleman Sidik Pramono, Kasubbag Tata Usaha Tulus Dumadi, Kasi Bimas Islam Jaenuddin.

 

Turut menyaksikan Kapolsek Sleman Kompol Supardi, Kanit Humas Aiptu Syahroni, Kanit Provos Aipda Anang dan Kanit Intel Aipda Wahyu. Menurut Kakankemenag Sidik, pemusnahan buku nikah ini untuk menghindari penyalahgunaan ataupun hal-hal yang tidak diinginkan. "Termasuk tindak lanjut dari  temuan BPK dan guna tertib administrasi dalam pengelolaan BMN," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement