Ahad 24 Sep 2023 19:34 WIB

Rintisan Kalurahan Sendangtirto Sleman Jadi Penggerak Pelestari Budaya

Hampir seluruh padukuhan di Sendangtirto telah memiliki kelompok kesenian.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Pengukuhkan Kalurahan Sendangtirto Berbah sebagai Rintisan Kalurahan Budaya, di Embung, Sendangtirto, Sabtu (23/9).
Foto: Dokumen
Pengukuhkan Kalurahan Sendangtirto Berbah sebagai Rintisan Kalurahan Budaya, di Embung, Sendangtirto, Sabtu (23/9).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kalurahan Sendangtirto Berbah  dikukuhkan sebagai Rintisan Kalurahan Budaya, di Embung, Sendangtirto, Sleman, DIY, Sabtu (23/9). Pengukuhan ini merupakan bentuk fasilitasi gagasan masyarakat dalam pelestarian budaya.

Bupati Sleman, Kustini Purnomo mengungkapkan, tujuan dibentuknya Rintisan Kalurahan Budaya adalah memfasilitasi berbagai ide untuk mengimplementasikan pada kegiatan upaya pelestarian seni budaya. Menurutnya, semangat dan antusiasme masyarakat Sendangtirto harus dibarengi dengan pengelolaan baik sebagai wujud keseriusan bersama dalam menguatkan serta melestarikan budaya.

"Dengan dikukuhkannya Sendangtirto sebagai Rintisan Kalurahan Budaya, saya berharap pengurus yang telah dikukuhkan mampu menjadi penggerak segala bentuk aktivitas seni budaya dan kesenian yang ada dengan tujuan melestarikan budaya sekaligus memfasilitasi antusiasme masyarakat," kata Kustini.

Ia berharap semua kalurahan yang sudah menjadi rintisan Kalurahan Budaya termasuk Sendangtrito ke depannya dapat menjadi Kalurahan Budaya. Ia menuturkan  Pemkab Sleman melalu Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) akan melakukan pendampingan serta bekerja sama dengan kalurahan untuk menggali potensi budaya serta mendorong keterlibatan masyarakat didalamnya.

Lurah Sendangtirto, Amir Junawan menjelaskan, pengukuhan Rintisan Kalurahan Budaya sekaligus memperingati Hari Jadi Kalurahan Sendangtrito ke-77. Ia berharap dengan dikukuhkannya ini menjadi motivasi masyarakat Sendangtrito untuk terus melestarikan budaya.

Saat ini hampir seluruh padukuhan di Kalurahan Sendangtirto telah memiliki kelompok kesenian dan kebudayaan mulai dari tari-tarian, bregada, ketoprak, dan lain sebagainya.

"Kami berterima kasih atas dukungan Pemkab Sleman melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) semoga dapat memotivasi kami agar lebih maju dan berkembang sehingga menjadi Kalurahan Mandiri Budaya ke depannya," ujarnya.

Acara tersebut diramaikan penampilan tari dari berbagai kelompok tari dari berbagai kelompok umur di Kalurahan Sendangtirto dan diakhiri dengan potong tumpeng oleh bupati Sleman sebagai wujud syukur Hari Jadi Kalurahan Sendangtirto.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement