Senin 02 Oct 2023 12:10 WIB

Prakiraan Kondisi Cuaca Siang Hingga Sore Hari Ini di Wilayah DIY

Suhu udara pada 2 Oktober berkisar antara 20-33 derajat Celcius.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Suasana di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Suasana di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA memprediksi kondisi cuaca pada Senin (2/10/2023) ini berawan. Kondisi ini diperkirakan terjadi sejak siang hingga sore hari.

Namun, pada pagi hari kondisi cuaca dikatakan cerah berawan. "Kondisi cuaca pada malam hari dan dini hari cerah berawan," kata BMKG Stamet YIA, Senin (2/10/2023).

Lebih lanjut, BMKG Stamet YIA juga menyebut suhu udara pada 2 Oktober ini berkisar antara 20-33 derajat Celsius. Sedangkan, kelembapan udara di DIY mencapai 55-95 persen.

Terkait arah angin, dikatakan bertiup dari arah timur ke selatan dengan kecepatan maksimal 24 kilometer per jam. Untuk itu, BMKG Stamet YIA memperkirakan adanya potensi tingginya gelombang laut di perairan selatan DIY pada Senin (2/10/2023) ini.

Potensi gelombang tinggi di perairan selatan DIY diperkirakan berkisar antara 2,5 meter hingga empat meter. Potensi gelombang tinggi tersebut diperkirakan akan terjadi hingga 3 Oktober besok.

Untuk itu, masyarakat diminta agar mewaspadai potensi gelombang tinggi. Terutama yang beraktivitas di wilayah perairan, seperti nelayan.

"Tinggi gelombang di perairan Yogyakarta berkisar antara 2,5-4 meter atau masuk dalam kategori tinggi," kata BMKG Stamet YIA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement