Rabu 04 Oct 2023 09:39 WIB

Semarak Rangkaian Acara Meriahkan HUT Ke-267 Kota Yogyakarta, Ini Daftarnya

Puncak acara digelar di kawasan Tugu Yogyakarta, Sabtu (7/10/2023).

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Balai Kota Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq.
Balai Kota Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menghadirkan berbagai acara dalam rangka menyambut HUT ke-267 Kota Yogyakarta. Seluruh rangkaian acara digelar di Oktober 2023 ini, dengan acara puncak yakni Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #8.

Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengatakan, dimulai pada 1 Oktober digelar acara Yogowes. Acara bersepeda santai ini setidaknya diikuti oleh 8.000 peserta.

"Pada malamnya digelar Wiwitan di Balai Kota sebagai wujud doa dan penanda awal rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-267 Kota Yogya," kata Singgih dalam acara Malioboro Coffee Night 2023 di halaman Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Selasa (3/10/2023) malam.

Malioboro Coffee Night ini juga bagian dari rangkaian acara menyambut HUT Kota Yogyakarta ke-267. Acara tersebut sudah dimulai sejak 1 Oktober 2023 lalu dan berlangsung selama enam hari di lima titik.

 

"Yakni di kawasan pedestrian Malioboro, Plaza Malioboro, Creative Hub Fisipol UGM, pedestrian Kotabaru, dan Menara Kopi Malioboro," ungkap Singgih.

Malioboro Coffee Night ini menghadirkan sejumlah stan dari Komunitas Kopi Nusantara. Acara tersebut juga diisi dengan talk show, yang mana Singgih menjadi narasumber utama.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa pada 2 Oktober 2023 digelar pameran batik di PDIN. Pameran batik ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional.

"Pada tanggal yang sama pula kami juga menggelar karnaval budaya pelajar. Karnaval ini mulai 2 hingga 5 Oktober 2023," katanya.

Tidak hanya itu, juga digelar Sekar Rinonce di Teras Malioboro 2 dan Pasar Beringharjo pada 3 Oktober 2023. Sedangkan, pada 4 Oktober digelar Wayang Sawega di Malioboro.

"Wayang Sawega di Malioboro menghadirkan 100 dalang cilik, penari, dan pengrawit," ungkap Singgih.

Selanjutnya, pada 5 Oktober digelar Sekati Ing Mall di Plaza Malioboro. Acara ini merupakan pameran produk dari berbagai pelaku UMKM di Kota Yogya.

"Pada hari berikutnya kami menggelar Festival Angkringan dengan 50 stan angkringan yang bertempat di Plaza Ngasem," katanya.

Acara puncak untuk menyambut HUT Kota Yogyakarta ke-267 yakni dengan digelarnya WJNC #8. WJNC di 2023 ini mengangkat tema Pandawa Mahabhiseka, dan akan digelar di kawasan Tugu Yogyakarta, Sabtu (7/10/2023).

"Agenda (WJNC) ini merupakan yang kedelapan kalinya dan menjadi sajian utama di HUT Kota Yogya dengan parade seni budaya di sepanjang kawasan Tugu Yogya," jelas Singgih.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement