Rabu 04 Oct 2023 15:10 WIB

Keunggulan dan Keunikan

Saat ini semakin banyak dan meratanya perguruan tinggi di berbagai daerah.

Prof Ema Utami dari Universitas Amikom Yogyakarta
Foto: amikom
Prof Ema Utami dari Universitas Amikom Yogyakarta

Oleh: Prof Ema Utami*

 

REPUBLIKA.CO.ID, Hari ini, Rabu (4/10/2023) bersama dengan dua dosen muda Universitas Amikom Yogyakarta, Rifda Fathica dan Ria Andriani, menyertai saya memulai tugas ke Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Perjalanan ke pulau yang juga dikenal dengan julukan Pulau Seribu Masjid ini merupakan kunjungan saya ketiga setelah sebelumnya di 2016 dan 2019.

Selama enam hari ke depan kami bertiga akan mengadakan roadshow ke delapan SMA dan SMK serta empat Perguruan Tinggi (PT) yang berada di pulau dengan pemandangan yang sangat indah ini. Kunjungan ke sekolah dan PT itu bertujuan untuk memperkenalkan Universitas Amikom Yogyakarta yang telah mengalami berbagai peningkatan, khususnya adanya program-program studi baru, baik jenjang Sarjana maupun Pascasarjana.

 

Saat menyusun rencana roadshow ini, tampak bahwa jumlah PT yang ada di Pulau Lombok ini ternyata cukup banyak. Semakin banyak dan meratanya PT di berbagai daerah ini juga tampak terlihat saat mendapatkan penugasan Asesmen Kecukupan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM).

Semakin tumbuhnya PT di berbagai daerah termasuk di NTB tersebut di satu sisi menunjukkan semakin meratanya pembangunan pendidikan di Indonesia. Namun demikian di sisi lain, semakin banyaknya jumlah PT di berbagai daerah disebut sebagai salah satu penyebab penurunan animo pendaftaran calon mahasiswa baru, khususnya bagi PT di Yogyakarta.

Kemunculan berbagai bentuk PT di daerah tersebut tentu menjadi tantangan sekaligus ancaman tersendiri, khususnya bagi PT di Yogyakarta. Peningkatan kualitas tentu menjadi kunci utama agar mampu bersaing dengan semakin tumbuhnya PT di berbagai daerah tersebut.

Adanya keunggulan dan keunikan yang dimiliki oleh PT tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa baru. Perjalanan roadshow di Pulau Lombok ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan keunggulan dan keunikan yang dimiliki oleh Universitas Amikom Yogyakarta.

Pengenalan program studi jenjang Sarjana atau Strata Satu tentu diharapkan dapat menarik minat calon lulusan SMA dan SMK untuk kuliah di Universitas Amikom Yogyakarta. Demikian pula pengenalan Program Pascasarjana diharapkan dapat menarik minat guru dan dosen untuk juga melanjutkan studi ke Universitas Amikom Yogyakarta.

Selain kunjungan ke sekolah dan PT, pertemuan dengan alumni Universitas Amikom Yogyakarta juga direncanakan diadakan pada Ahad (8/10/2023). Alumni merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kemajuan PT.

Alumni merupakan duta bagi masyarakat yang memberikan gambaran tentang almamaternya. Dengan demikian alumni memiliki peran penting dalam tumbuh dan berkembangnya sebuah PT. Adanya dukungan jalinan relasi yang dapat memberikan berbagai dampak positif, khususnya bagi lulusan baru untuk mendapatkan pekerjaan tentu sangat diharapkan bisa datang dari alumni.

Demikian pula berbagai masukan berharga untuk kemajuan PT juga diharapkan bisa dijaring dari temu alumni. Kegiatan roadshow ini diharapkan dapat semakin memperkuat sinergi seluruh stakeholder dalam menjadikan PT semakin berkualitas dan berdaya saing.

Berbagai upaya dan usaha dalam roadshow ini mengingatkan diri untuk bisa membentuk generasi yang berkualitas seperti tersirat dalam ayat ke-9 dari Surat An Nisa, “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.“ Wallahu a’lam.

*Wakil Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Amikom Yogyakarta

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement