Rabu 04 Oct 2023 16:53 WIB

Polresta Yogyakarta Gelar Blue Light Patrol Skala Besar, Cegah Kejahatan Jalanan

Patroli ini menyasar wilayah-wilayah rawan terjadinya gangguan kamtibmas.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Sejumlah anggota kepolisian melakukan patroli (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah anggota kepolisian melakukan patroli (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Polresta Yogyakarta menggelar Blue Light Patrol skala besar pada Selasa (3/10/2023) malam hingga Rabu (4/10/2023) dini hari. Patroli ini dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kejahatan jalanan di Kota Yogyakarta.

"Blue Light Patrol bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah kejahatan jalanan dan gangguan kamtibmas lainnya, terutama pada malam hari," kata Kabag Ops Polresta Yogyakarta, Kompol Mega Tetuko, Rabu (4/10/2023).

Mega mengatakan, patroli ini dilakukan dengan menyasar wilayah-wilayah rawan terjadinya gangguan kamtibmas, khususnya kejahatan jalanan. Seperti tempat-tempat yang menjadi titik kumpulnya para remaja.

Pasalnya, sejumlah kejahatan jalanan yang terjadi di Kota Yogyakarta melibatkan anak remaja atau yang masih duduk dibangku pendidikan. Hal ini yang mendasari dilakukannya patroli dengan menyasar titik-titik rawan tersebut.

"Blue Light Patrol menyasar tempat-tempat yang biasa digunakan anak remaja untuk berkumpul. Seperti di taman, alun-alun, dan gang-gang sempit," ujar Mega.  

Kegiatan patroli ini diawali dengan dengan apel kesiapan yang digelar di Jalan Ipda Tut Harsono, Umbulharjo Kota Yogyakarta. Apel ini diikuti oleh ratusan petugas gabungan Polri/TNI.

Dalam pelaksanaannya, petugas memberikan imbauan kepada remaja untuk kembali ke rumah bagi mereka yang kedapatan masih berkumpul di malam hingga dini hari. "Petugas menyampaikan imbauan kepada pemuda yang masih nongkrong untuk pulang ke rumah masing-masing," ungkapnya.

Kegiatan patroli ini akan terus dilakukan ke depannya untuk mengantisipasi dan mencegah kejahatan jalanan, termasuk gangguan kamtibmas lainnya di Kota Yogyakarta.

"Kegiatan ini juga merupakan wujud tanggung jawab Polresta Yogyakarta dalam upaya menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat Kota Yogyakarta," jelas Mega.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement