Sabtu 14 Oct 2023 01:54 WIB

Gebyar Batik 2023 Hadirkan Ragam Kreasi Desain Batik Khas Sleman

Desain batik tidak berhenti sebagai bentuk tontonan fashion.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Suasana pembukaan kegiatan Gebyar Batik Sleman 2023.
Foto: Dokumen
Suasana pembukaan kegiatan Gebyar Batik Sleman 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo membuka secara resmi rangkaian Gebyar Batik Kabupaten Sleman 2023. Pembukaan gebyar batik berlangsung di Lapangan Pemda Sleman, Jumat (13/10/2023).

Gebyar Batik ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sleman yang diisi berbagai kegiatan. Di antaranya batik super great sale, membatik massal, lelang barik, seminar, workshop, dan rangkaian kegiatan lainnya yang berlangsung selama Oktober hingga November mendatang.

Kustini menyambut baik penyelenggaraan Gebyar Batik Sleman 2023. Menurutnya, penyelenggaraan gebyar batik ini semakin memperkuat batik warisan budaya yang telah diakui dunia, sekaligus memperkuat keistimewaan.

"Gebyar Batik Sleman ini sarana yang bagus untuk melestarikan batik Sleman serta menjadi media yang menampilkan ragam kreativitas. Saya sangat mendukung penyelenggaraan Gebyar Batik Sleman karena rangkaian kegiatan ini akan memberikan pengaruh signifikan terhadap pengembangan pelestarian dan juga peningkatan apresiasi masyarakat terhadap batik sebagai kekayaan lokal Sleman," kata Kustini.

Ia juga mendorong para pegiat batik terus berkarya menunjukkan kreativitas dan inovasinya, sebagai upaya memberikan nilai tidak hanya sebagai tontonan fashion, namun juga bernilai ekonomi tinggi sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan terus berkarya, berkreasi, dan berinovasi, maka desain batik tidak berhenti sebagai bentuk tontonan fashion namun juga memiliki komoditas bernilai ekonomi tinggi," ujarnya.

Dalam upaya melestarikan batik Sleman, Kustini menuturkan pemkab telah mengeluarkan kebijakan tentang mewajibkan ASN di lSleman untuk mengenakan pakaian batik pada bulan tertentu, salah satunya pada Oktober.

Usai resmi dibuka, penyelenggaraan rangkaian Gebyar Batik Sleman 2023 dimeriahkan dengan penampilan flashmob tari batik yang diikuti oleh para perajin dan pelaku UMKM setempat juga diikuti oleh bupati Sleman beserta jajarannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement