Senin 16 Oct 2023 06:29 WIB

Polres Bantul Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2024 Hari Ini

Masyarakat Bantul dapat menyaksikan pelaksanaan Sispamkota secara langsung di lokasi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Polres Metro Bekasi Kota menggelar gladi resik latihan atau simulasi sistim pengamanan kota (Sispamkota) untuk tampil pada Simulasi Sispamkota pada Jumat dihadapan Forkopimda Kota Bekasi, Kamis (12/10/2023).
Foto: Republika/Ali Yusuf
Polres Metro Bekasi Kota menggelar gladi resik latihan atau simulasi sistim pengamanan kota (Sispamkota) untuk tampil pada Simulasi Sispamkota pada Jumat dihadapan Forkopimda Kota Bekasi, Kamis (12/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Polres Bantul akan menggelar simulasi pengamanan pemilu atau Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) 2024 pada Senin (16/10/2023). Tidak ada pengalihan arus terkait pelaksanaan simulasi pengamanan Pemilu 2024 ini.

"Simulasi Sispamkota akan digelar di Lapangan Paseban Bantul, Senin (16/10/2023) dan tidak ada pengalihan arus," kata Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, dalam siaran pers, Ahad (15/10/2023).

Jeffry menambahkan, masyarakat Bantul dapat menyaksikan pelaksanaan Sispamkota dengan datang langsung ke lokasi. "Rencananya kegiatan akan dimulai pukul 08.00, masyarakat dapat hadir langsung menyaksikan,” kata Jeffry.

Sispamkota adalah sistem pengaman dalam kota yang dilakukan untuk menyimulasikan pengamanan sebagai persiapan menyambut Pemilu 2024. Melansir dari laman resmi Polda DIY, simulasi sispamkota akan berkolaborasi antara satuan fungsi kepolisian dengan berbagai instansi seperti TNI beserta seluruh jajaran penting lainnya.

Simulasi pengamanan dilakukan mulai dari mengamankan kampanye yang damai hingga anarkis. Para petugas gabungan dari Polres Bantul dan Jajaran, TNI, Brimob Polda DIY, Satpol PP Kab. Bantul terlibat dalam serangkaian pengamanan terhadap peserta kampanye yang berada di Lapangan Paseban.

Kegiatan yang dilaksanakan di depan Kantor Bupati Bantul ini dilakukan untuk memelihara kemampuan dan kesiapan personel dalam upaya mengendalikan massa.

Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta mengatakan, kegiatan untuk memelihara kemampuan personel dan penggunaan peralatan ini penting dilakukan sebagai upaya untuk menyiapkan seluruh komponen personel jika situasi dan kondisi sangat membutuhkan.

"Kegiatan sispamkota ini tiak lain untuk meningkatkan kembali langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan oleh personel Polri khususnya anggota Polres Bantul dalam rangka mengendalikan situasi yang dapat mengganggu kamtibmas," ujar Kapolres 

Dalam hal ini Polres Bantul juga menggandeng seluruh elemen yang ada di Kabupaten Banrul, mulai dari TNI, unsur aparatur Pemerintah daerah serta unsur lain yang terlibat dalam pemeliharaan kamtibmas di Kabupaten Bantul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement