Selasa 17 Oct 2023 17:00 WIB

Angin Kencang Landa Kota Batu, Pohon Tumbang Timpa Rumah dan Warung

Sejumlah upaya telah dilakukan untuk menangani kejadian ini

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
(Ilustrasi) Batang pohon yang tumbang akibat angin kencang.
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
(Ilustrasi) Batang pohon yang tumbang akibat angin kencang.

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Malang, Jatim, mengimbau warga untuk waspada angin kencang. Hal ini disampaikan mengingat terjadi angin kencang di Jalan Raya Cangar Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Selasa (17/10/2023).

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Batu, Agung Sedayu, melaporkan, angin kencang terjadi di wilayah Cangar, Kota Batu, Selasa (17/10/2023) pukul 09.00 WIB. Kejadian ini mengakibatkan pohon jenis cemara angin dan pohon kukruk tumbang. "Selain angin kencang, pohon tumbang dikarenakan akar pohon sudah lapuk," jelasnya.

Lebih detail, pohon cemara angin yang tumbang memiliki diameter 50 centimeter (cm) dan tinggi 25 meter (m). Sementara itu, pohon kukruk diketahui berdiameter 20 cm dan tinggi 15 m.

Berdasarkan laporan yang diterima, pohon kukruk yang roboh telah menimpa rumah dan warung. Adapun pemilik rumah yang mengalami kerusakan akibat kejadian ini, yakni atas nama Sri Wahyudi.

Menurut Agung, sejumlah upaya telah dilakukan dalam menangani kejadian ini. Beberapa di antaranya seperti kaji cepat serta pemotongan dan pembersihan material pohon.

Kemudian juga melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Selain itu, Agung juga mengungkapkan, terdapat beberapa komponen yang ikut terlibat dalam kejadian ini.

Mereka antara lain BPBD Kota Batu, TNI, Polri, dan Tahura R Soerjo. Ada pula perangkat Desa Sumberbrantas, perangkat Kecamatan Bumiaji, agen bencana Provinsi Jatim, Tagana Kota Batu, relawan, dan warga.

Berdasarkan prakiraan BMKG Juanda yang disampaikan dalam Instagram @infobmkgjuanda, cuaca Kota Batu akan didominasi cerah dan cerah berawan pada Selasa (17/10/2023).

Sementara itu, suhunya akan berkisar antara 18 hingga 35 derajat Celsius. BMKG Juanda juga mengungkapkan, rata-rata kecepatan angin di Kota Batu diperkirakan berkisar 40 kilometer per jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement