Sabtu 21 Oct 2023 12:08 WIB

Berikan Solusi Terintegrasi, Danamon Perkenalkan Next Generation Branch Concept 

Sebanyak 53 Next Generation Branch Concept ditargetkan beroperasi pada 2023.

Salah satu gerai Bank Danamon
Foto: dokpri
Salah satu gerai Bank Danamon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) kembali berinovasi untuk memenuhi kebutuhan mitra bisnis dan nasabah untuk memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan finansial mereka dengan meluncurkan Next Generation Branch Concept. Transformasi ini menggabungkan tiga elemen penting, yaitu manusia, teknologi digital, dan kehadiran fisik.

Tahun 2023, Danamon menargetkan untuk membuka 53 Next Generation Branch Concept di seluruh Indonesia untuk memberikan pelayanan lebih baik dan menyeimbangkan kebutuhan nasabah baik secara digital maupun physical.

"Next Generation Branch Concept didasarkan pada pemahaman mendalam tentang budaya dan kehidupan sehari-hari orang Indonesia. Dengan ini, Danamon menggeser fokus kunjungan ke cabang dari sekadar transaksi dasar menjadi hubungan yang lebih bermakna. Kantor cabang bukan lagi hanya tempat untuk bertransaksi, tetapi menjadi ruang untuk membangun kepercayaan dan bekerja sama mencari solusi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah pada setiap momen penting dalam hidup mereka. Selain itu, kantor cabang ini juga menjadi pusat interaksi bagi komunitas-komunitas agar saling terkoneksi dan tumbuh bersama dengan lebih kuat," ujar Branch Network Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Eka Dinata, dalam siaran pers, Sabtu (21/10/2023).

Pendekatan ini memungkinkan Danamon untuk menawarkan berbagai solusi keuangan kepada nasabah secara lebih efektif, membangun pengalaman yang berkualitas tinggi, serta memberikan nilai tambah kepada nasabah. Selain itu, kantor-kantor cabang ini juga menjadi pusat pendekatan omni-channel yang memperkenalkan dan membantu nasabah dalam menggunakan semua fasilitas perbankan yang tersedia, termasuk layanan digital. Danamon juga menyediakan sarana konsultasi dan pusat pengetahuan bagi nasabah, serta solusi yang tepat sasaran dan terintegrasi, untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan finansial dengan lebih efektif dan efisien.

"Sebagai organisasi yang berorientasi pada nasabah, Danamon berkomitmen untuk terus tumbuh dan memberikan layanan yang unggul. Dengan proposisi nilai yang berfokus pada keunggulan penjualan dan pelayanan, Danamon membangun sinergi yang kuat dengan mitra, pemerintah, dan komunitas. Dukungan teknologi kelas dunia juga menjadi salah satu pilar utama dalam memberikan pengalaman perbankan yang terbaik kepada nasabah," kata Eka.

Pada akhir September 2023, sebanyak 29 kantor cabang telah selesai direnovasi dan dibuka kembali di berbagai wilayah di Indonesia, yaitu 14 kantor cabang di Jakarta, satu kantor cabang di Bekasi, satu kantor cabang di Bogor, satu kantor cabang di Tangerang, dua kantor cabang di Bandung, dua kantor cabang di Semarang, tiga kantor cabang di Surabaya, dua kantor cabang di Medan, satu kantor cabang di Deli Serdang, satu kantor cabang di Denpasar, dan satu kantor cabang di Pontianak

Melalui transformasi ini, Danamon berkomitmen untuk terus tumbuh sebagai organisasi yang berpusat pada nasabah, dengan proposisi nilai unik yang fokus pada keunggulan penjualan dan pelayanan, sinergi yang kuat dengan mitra, pemerintah, dan komunitas, serta didukung oleh teknologi kelas dunia. Danamon juga akan terus melanjutkan strategi memberikan pelayanan dan mempererat hubungan dengan nasabah, melalui inovasi produk dan layanan yang dapat menjawab setiap kebutuhan dan tujuan keuangan mereka. Untuk mendukung hal tersebut, Danamon juga akan melanjutkan investasi pada digitalisasi sistem dan proses, dan pengembangan produk dan layanan dengan tujuan memberikan seamless customer experience.

Sebagai informasi, program kolaborasi yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan mendorong UMKM go digital ini menyasar sekitar 1.000 UMKM di wilayah DKI Jakarta dan Banten. 

Program ini telah membantu para pelaku UMKM onboard di marketplace dan media sosial. Lebih dari 500 UMKM memiliki QRIS dan barcode produk, lebih dari 800 memiliki legalitas usaha dan lebih dari 30 UMKM yang produknya dipromosikan melalui kegiatan Nusantara Festival (B1GI).

Pada program ini, penyelenggara juga memilih 10 UMKM terbaik untuk mengikuti bootcamp. Mereka menampilkan proposal bisnisnya (business pitching) di hadapan juri yang kompeten pada bidangnya masing-masing. 

Pada acara puncak IDEAL 2023, terpilih tiga UMKM terbaik, yakni Cokelatin Indonesia, UMKM bergerak pada olahan cokelat mendapat peringkat 1, kemudian posisi kedua ditempati Bilvie Food, UMKM asal Banten yang bergerak pada olahan ikan bandeng. Sementara itu, peringkat ketiga diraih Kedai Bintang Sawi, UMKM yang bergerak pada usaha makanan instan. 

Dalam beberapa waktu ke depan, ketiga UMKM terpilih ini akan mendapatkan fasilitasi peningkatan kapasitas usaha seperti konsultasi tenaga ahli, peningkatan mutu produk, pemanfaatan teknologi pengemasan, dan kapasitas produksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement