Sabtu 28 Oct 2023 18:06 WIB

Hari Sumpah Pemuda, Kaum Muda Diajak Berkontribusi Wujudkan Indonesia Emas

Pemuda harus menjadi inisiator, problem solver, dan game changer.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Pemuda (ilustrasi)
Foto: ugm.ac.id
Pemuda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerukan pemuda-pemudi Jawa Timur untuk ambil bagian dan berkontribusi mewujudkan Indonesia Emas 2045. Momen peringatan Sumpah Pemuda ke-95 diharapkannya turut membangkitkan semangat kaum muda di Jatim untuk bergotong royong mewujudkan target-target yang ditetapkan pemerintah, untuk kemajuan bangsa.

"Pemuda adalah bagian dari kekuatan yang tak terhentikan dalam membangun bangsa. Mari bersama-sama kita bergandengan tangan memberikan kontribusi terbaik kita untuk mewujudkan Indonesia emas 2045," kata Khofifah usah memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemudi di Alun-Alun Kanigoro Blitar, Sabtu (28/10/2023).

Baca Juga

Peringatan Hari Sumpah Pemuda, kata Khofifah, merupakan refleksi bagaimana para pemuda sejak masa penjajahan punya semangat dan keberanian melakukan perubahan. Untuk itu, lanjut Khofifah, pemuda harus menjadi inisiator, problem solver, maupun game changer bagi bangsa Indonesia.

"Pemuda di masa kini pun harus meneladani peran besar para pemuda di masa pra kemerdekaan. Bahwa pemuda harus menjadi inisiator, problem solver, dan game changer bagi kemajuan Indonesia," ujarnya.

 

Khofifah menjelaskan, sebagai inisiator, para pemuda pada 1928 telah memastikan persatuan kaum muda di seluruh negeri untuk bersumpah bertanah air satu, berbangsa satu, dan menjunjung tinggi bahasa persatuan yakni Bahasa Indonesia. 

Tidak hanya itu, kata Khofifah, pada Sumpah Pemuda juga dapat disaksikan pemuda Indonesia sebagai problem solver atau pemberi solusi. Pada saat itu rakyat Indonesia beratus-ratus tahun mengalami pembodohan, penindasan, dan pemiskinan sosial dalam alam kolonialisme.

"Kaum muda seluruh negeri saat itu memberi jawaban terhadap persoalan ini. Kesemua pemuda sepakat bahwa adalah Indonesia merupakan nama yang akan kita berikan pada negara kita setelah merdeka, dengan terlebih dahulu menyepakati tiga hal yang tertera dalam Sumpah Pemuda. Mereka adalah game changer Indonesia di masanya," kata Khofifah.

"Mari kita buktikan bahwa semangat pemuda adalah kekuatan yang tak terhentikan dalam membangun bangsa yang kita cintai. Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-95. Semoga visi para pemuda pemberani di masa lalu dan visi 'Bersama Majukan Indonesia' menjadi kenyataan," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement