Selasa 31 Oct 2023 15:37 WIB

Mahasiswa Bisnis Perjalanan Wisata UGM Gelar Olimpiade Pariwisata #12 Tingkat Nasional

Terdapat sembilan cabang lomba pada Olimpiade Pariwisata #12 Tingkat Nasional.

Sejumlah pemenang pada ajang Olimpiade Pariwisata #12 Tingkat Nasional yang diselenggarakan mahasiswa Bisnis Perjalanan Wisata UGM 29 Oktober 2023 lalu.
Foto: dokpri
Sejumlah pemenang pada ajang Olimpiade Pariwisata #12 Tingkat Nasional yang diselenggarakan mahasiswa Bisnis Perjalanan Wisata UGM 29 Oktober 2023 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Olimpiade Pariwisata #12 Tingkat Nasional, ajang kompetisi nasional yang diselenggarakan oleh mahasiswa Bisnis Perjalanan Wisata UGM sukses digelar 29 Oktober 2023 lalu. Kegiatan yang dilangsungkan guna membantu dan mewadahi siswa-siswi SMA/SMK/MA/Sederajat di seluruh Indonesia untuk menyalurkan bakat dan kreativitasnya tersebut dilangsungkan pada dua venue berbeda, yakni Gedung Teaching Industry Learning Center (TILC) dan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. 

Seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (31/10/2023), Olimpiade Pariwisata #12 ini dihadiri langsung oleh Analis Kebijakan Muda Dinas Pariwisata DIY, Ketua Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya; Sekretaris Prodi Bisnis Perjalanan Wisata, dan Kepala Sub Direktorat Organisasi, Fasilitas dan Kesejahteraan Mahasiswa. Kegiatan ini dibuka dengan kirab panitia dan pembukaan secara resmi dengan memotong pita oleh Kepala Sub Direktorat Organisasi, Fasilitas dan Kesejahteraan Mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan UGM, Desi Yulianti.

Terdapat sembilan cabang lomba yang diperlombakan pada Olimpiade Pariwisata #12 Tingkat Nasional, yaitu Gagasan Tertulis, Storytelling, Cerdas Cermat Pariwisata, Guiding, Debat Pariwisata, Tari Kreasi, Karawitan, Cipta Video, dan Infografis Pariwisata. Lebih dari 800 peserta, dengan total 172 sekolah dari SMA/SMK/MA/Sederajat di seluruh Indonesia turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ajang bergengsi ini memperebutkan Piala Bergilir Sultan Hamengkubuwono X yang berhasil diraih oleh SMA Negeri 1 Ponorogo dengan perolehan dua medali emas dan satu medali perak dari cabang lomba Tari Kreasi, Storytelling, dan Karawitan. 

Pengumuman juara disampaikan secara langsung. Para pemenang di Olimpiade Pariwisata #12 berhak mendapatkan medali, piagam penghargaan, serta uang pembinaan.

 

Uraian pemenang cabang lomba sebagai berikut: 

Lomba Gagasan Tertulis; Juara 1 oleh SMAN 1 Kuta Selatan, Juara 2 oleh SMAN 1 Wonosobo, dan Juara 3 oleh SMAN 1 Badegan. 

Lomba Story Telling; Juara 1 oleh SMAN 1 Ponorogo, Juara 2 oleh SMAN 10 Samarinda, dan Juara 3 oleh SMAN 2 Penabur Jakarta. Lomba CCP; Juara 1 oleh SMA Progresif Bumi Shalawat, Juara 2 oleh MAN 1 Yogyakarta Tim A, dan Juara 3 oleh SMA Darul Quran Mulia B. 

Lomba Guiding; Juara 1 oleh SMKN 6 Surakarta, Juara 2 oleh SMKN 1 Boyolangu dan Juara 3 oleh SMAN 1 Bambanglipuro. 

Lomba Debat Pariwisata; Juara 1 oleh SMAN 1 Singaraja, Juara 2 oleh MAN 2 Kota Kediri, dan Juara 3 oleh MAN Ammanatul Ummah Putra.

Lomba Tari Kreasi; Juara 1 oleh SMAN 1 Ponorogo, Juara 2 oleh SMA PGRI Cicurug dan Juara 3 oleh SMA Bopkri 1 Yogyakarta. 

Lomba Karawitan; Juara 1 oleh SMAN 3 Nganjuk, Juara 2 oleh SMAN 1 Ponorogo dan Juara 3 oleh SMAN 1 Sumberlawang. 

Lomba Cipta Video; Juara 1 oleh SMKN 1 Gombong, Juara 2 oleh SMK Informatika Pesat dan Juara 3 SMA Progresif Bumi. 

Lomba Infografis; Juara 1 oleh SMA Progresif Bumi Shalawat, Juara 2 oleh SMAN 3 Denpasar, dan Juara 3 oleh SMAN 1 Badegan. 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement