Rabu 01 Nov 2023 01:20 WIB

Bulan Inklusi Keuangan, Danamon Ikuti Syariah Financial Fair di Yogyakarta

BIK adalah program tahunan yang diadakan OJK bersama Kementerian/Lembaga terkait.

Danamon Syariah berpartisipasi di Syariah Financial Fair 2023.
Foto: dokpri
Danamon Syariah berpartisipasi di Syariah Financial Fair 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan puncak Bulan Inklusi Keuangan setiap bulan Oktober, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Industri Jasa Keuangan (IJK) Syariah mempersembahkan Syariah Financial Fair (SYAFIF) 2023 yang pada tahun ini mengangkat tema 'Tebar Berkah, Tebar Manfaat'. Pada tahun 2023 ini, SYAFIF digelar bersamaan dengan kegiatan FinEXPO BIK 2023 di Yogyakarta pada hari Kamis-Ahad, tanggal 26-29 Oktober 2023 di SYAFIF (Silver) Island FinEXPO BIK 2023 – Pakuwon Mall Yogyakarta.

Pada kesempatan kali ini, Unit Usaha Syariah Danamon turut berpartisipasi memperkenalkan dan memberikan edukasi produk dan jasa Danamon Syariah. PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bersama dengan PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance) dan didukung oleh MUFG Bank Ltd (MUFG) juga mengumumkan keikutsertaannya dalam FinEXPO yang merupakan acara puncak dari rangkaian program dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan (BIK). FinEXPO, yang merupakan bagian dari BIK diadakan dalam bentuk pameran produk dari berbagai Lembaga Jasa Keuangan.

FinEXPO tahun ini mengangkat tema ‘Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera’ dan diselenggarakan mulai dari tanggal 26 hingga 29 Oktober 2023 bertempat di Pakuwon Mall, Yogyakarta. 

Tidak hanya berisi pameran dari Lembaga Jasa Keuangan, FinEXPO 2023 dan SYAFIF 2023 juga menghadirkan beragam acara menarik seperti promo produk keuangan, Business Matching, Edukasi keuangan, talk show, kompetisi, music performance hingga pertunjukan dari komunitas-komunitas di Yogyakarta. Beragam hadiah menarik pun tersedia bagi para pengunjung yang hadir dalam acara ini. 

 

BIK adalah program tahunan yang diadakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Kementerian/Lembaga terkait dan Industri Jasa Keuangan (IJK) untuk memperluas pemahaman dan penggunaan masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan. Diharapkan program ini akan mendorong peningkatan jumlah rekening dan penggunaan produk dan layanan jasa keuangan oleh Masyarakat, sehingga mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Danamon dan Adira Finance bersama MUFG sebagai satu grup yang memiliki layanan solusi finansial yang spesifik dan komprehensif juga mempunyai komitmen untuk memberikan solusi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan keuangan, dengan tujuan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. MUFG, sebagai bank korporasi di Indonesia berkomitmen untuk berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Komitmen ini juga diterapkan oleh Danamon dan Adira untuk memberikan akses produk keuangan melalui penyebaran kantor cabang di seluruh daerah di Indonesia. 

"Kehadiran MUFG sebagai bank korporasi pada FinEXPO tahun ini, ingin mengajak masyarakat lebih mengenal tentang bank korporasi dan kontribusi MUFG kepada perekonomian Indonesia melalui dukungan terhadap proyek infrastruktur strategis serta turut aktif mendukung tujuan keberlanjutan dan berfokus pada peningkatan literasi dan inklusi keuangan. Melalui kolaborasi bersama dengan Danamon dan Adira Finance yang turut hadir di acara ini sebagai satu grup, kami berharap dapat terus memberikan sinergi yang baik bagi perekonomian Indonesia," ujar Head of Planning, MUFG Bank, Ltd, Jakarta Branch, Janu Pramadya.

Danamon juga menawarkan program khusus bagi para pengunjung selama FinEXPO berlangsung. Pengunjung berkesempatan untuk mencoba Spin to Win yaitu dengan melakukan transaksi di aplikasi D-Bank PRO minimal Rp 50 Ribu, Nasabah bisa mendapatkan mendapatkan Grab Voucher hingga Rp 100 ribu. Bagi Nasabah yang membuka rekening Tabungan Rencana Syariah, akan mendapatkan backpack atau luggage untuk rencana ibadah haji atau umrah. 

“Danamon berkomitmen membangun sustainable ecosystem dari sisi pendidikan finansial sebagai bagian dari Pilar Ekonomi. Mengacu dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLKI) tahun 2019, literasi keuangan masyarakat Indonesia baru mencapai 38,03 persen. Oleh karena itu, keikutsertaan kami dalam FinEXPO adalah komitmen kami untuk terus tumbuh sebagai sebuah organisasi yang customer-centric sebagai 'Bank Pilihan Anda', dengan proposisi nilai unik yang berfokus pada sales and service excellence, sinergi yang kuat dengan para mitra kami, pemerintah dan komunitas,” ujar Regional Corporate Officer, Danamon Region Jawa Tengah, Samuel Sugeng Rijadi.

Sebagai anak Perusahaan Bank Danamon, Adira Finance turut berpartisipasi pada FinEXPO BIK 2023 dengan menghadirkan berbagai penawaran menarik di antaranya: cashback senilai Rp 500 ribu adirapoin untuk  pengajuan mobil baru dan Rp 150 ribu adirapoin untuk motor baru. Selain itu, untuk pengajuan dana multiguna akan mendapatkan cashback adirapoin hingga Rp 500 ribu dan pengunjung yang mengajukan pembiayaan durable akan mendapatkan cashback adirapoin senilai Rp 50 ribu. Kami juga sediakan exclusive merchandise bagi pengunjung yang datang dan mengikuti aktivitas yang ada di booth Adira Finance. 

“Kami hadir di event ini sebagai wujud komitmen perusahaan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih mengetahui produk serta layanan jasa keuangan. Setelah mengetahui, kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan produk serta layanannya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dimana hal ini sejalan dengan misi Adira Finance untuk menyediakan beragam solusi keuangan sesuai dengan kebutuhan setiap pelanggan melalui sinergi dengan ekosistem” ujar Kepala Wilayah Jawa Tengah Adira Finance, Surya Almada Syahlani.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement