Jumat 17 Nov 2023 11:41 WIB

Taspen Properti Tawarkan 174 Unit Rumah untuk ASN Solo, Bisa Dicicil 40 Tahun

ASN bisa memiliki rumah dengan down payment 0.

Rep: Muhammad Noor Alfian/ Red: Yusuf Assidiq
 Groundbreaking ASN Housing Kota Solo di Plesungan Karanganyar dihadiri oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming dan Direktur Taspen, ANS Kosasih, Jumat (17/11/2023).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Groundbreaking ASN Housing Kota Solo di Plesungan Karanganyar dihadiri oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming dan Direktur Taspen, ANS Kosasih, Jumat (17/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Taspen Properti menawarkan 174 rumah di tahap awal groundbreaking ASN Housing Kota Solo di Plesungan, Karanganyar, Jumat (17/11/2023). Direktur utama PT Taspen ANS Kosasih mengungkapkan program strategis tersebut adalah yang pertama kali di Indonesia.

Pihaknya berharap melalui program itu, ASN dapat memiliki hunian atau yang sudah dapat mempunyai hunian yang lebih layak. "Ini yang pertama kali dilakukan di Indonesia juga merupakan inisiatif pertama di Indonesia yang belum pernah ada sebelumnya. Ini adalah kerja sama strategis antara Taspen melalui anak perusahaan Taspen Properti dengan Pemkot Solo dan Karanganyar dan Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah," kata Kosasih, Jumat (17/11/2023).

"Ini program pertama di Kota Solo, harapannya seluruh ASN di Indonesia yang belum memiliki rumah bisa memiliki rumah sendiri dan yang sudah memiliki rumah bisa memiliki rumah yang lebih baik," katanya menambahkan.

Kosasih menuturkan program rumah untuk ASN tersebut memiliki DP 0 persen. Bahkan rumah tersebut bisa dicicil hingga 40 tahun atau ASN memasuki masa pensiun.

 

"Ini inisiatif pertama di Indonesia bahwa semua ASN bisa memiliki rumah dengan down payment 0, biaya akad, dan notaris bebas tidak bayar, biayanya lebih murah ketimbang pengembang lain sudah pasti harga sudah termasuk pajak, sertifikat tidak dijaminkan bank bunga tetap, yang paling penting udah gak pake DP 0 persen, nyicil bisa 40 tahun sampai usia 65 bahkan lewat pensiun," ujarnya.

"Waktu aktif nyicil sampai lewat pensiun kami jamin tetap bisa nyicil. Kalau sekarang sudah mencicil 10-20 tahun cicilannya sudah tidak terasa karena sudah berkurang sekali," kata dia menambahkan.

Kosasih juga mengungkapkan untuk di titik Plesungan, rumah yang disediakan sekitar 174 unit dengan luasan 60 meter persegi. Titik tersebut juga strategis untuk ASN ke sejumlah tempat dari mulai rumah sakit hingga Balai Kota Solo.

"Ada 174 rumah yang kita tawarkan dalam tahap pertama ini. Ini 15 menit dari Stasiun Balapan Solo, 15 menit ke Terminal Tirtonadi 12 menit ke Rumah Sakit Dokter Oen Kandang Sapi dan Balai kota Solo 25 menit," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan program tersebut diadakan karena masih banyak ASN Solo yang berangkat kerja dari luar kota. Ia mengatakan dipilihnya area di Karanganyar lantaran harga tanah di Kota Solo yang sudah tinggi.

"Banyak yang commute misalnya dari Yogya dari tempat tempat yang jauh, itu makanya kita berikan fasilitas dengan bunga rendah tujuh persen. Iya di Karanganyar karena kalau di Kota Solo harganya sudah tinggi. Yang jelas support dari Bank Jateng sudah sangat maksimal jadi masalah cicilan dan lain lain tidak memberatkan ASN," kata dia.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement