Senin 27 Nov 2023 07:51 WIB

Pengamanan Malam di Malioboro Digencarkan Jelang Pemilu 2024

Setidaknya 122 personil Polresta Yogyakarta dikerahkan dalam pengamanan itu.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Suasana di kawasan wisata ikonik Malioboro, Yogyakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Suasana di kawasan wisata ikonik Malioboro, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Polresta Yogyakarta terus menggencarkan pengamanan malam hari di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta. Terutama di akhir pekan, mengingat di kawasan tersebut ramai dikunjungi masyarakat maupun wisatawan.

Pengamanan ini untuk menjaga keamanan, ketertiban masyarakat, serta menjaga kelancaran arus lalu lintas di kawasan tersebut. Seperti yang dilakukan pada akhir pekan 24-25 November 2023.

Pengamanan dilakukan ratusan personel Polresta Yogyakarta di kawasan Malioboro. Dipimpin oleh Pawas Kanit Turjawali Satlantas Polresta Yogyakarta, Iptu Jayeng Hadi Harjasa, dikerahkan setidaknya 122 personil gabungan fungsi Polresta Yogyakarta dalam kegiatan tersebut.

"Tugas mereka (petugas) mengatur arus lalu lintas, membantu penyeberangan, dan menjaga keamanan mengingat wilayah setiap malam Sabtu dan Ahad selalu padat dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga rawan terjadinya gangguan kamtibmas," kata Jayeng, Ahad (26/11/2023).

Kegiatan pengamanan pada malam hari di Malioboro ini, kata Jayeng, merupakan salah satu upaya Polresta Yogyakarta untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di Kota Yogyakarta jelang Pemilu 2024. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang berkunjung ke Malioboro.

Jayeng menjelaskan, sebelum melaksanakan pengamanan, personil terlebih dahulu melaksanakan apel di Pos Gumaton yang terletak di kawasan Malioboro. Dalam apel tersebut, juga diberikan arahan kepada seluruh personil agar selalu bersikap humanis dan ramah kepada masyarakat.

Selesai apel, personil kemudian menyebar ke penggal-penggal jalan sesuai ploting yang telah ditentukan. "Personil juga diharapkan tetap memperhatikan keselamatan diri masing-masing dan selalu waspada dari segala kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas," ungkap Jayeng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement