Senin 27 Nov 2023 14:49 WIB

Awas Jangan Tertipu, Ini Ciri-Ciri Imam Mahdi Sesuai Hadist Rasulullah

Imam Mahdi termasuk ahlul bait karena memiliki garis nasab yang tersambung ke Nabi.

Rep: Andrian Saputra / Red: Karta Raharja Ucu
Rasulullah. Di akhir zaman Allah akan mengutus seorang Muslim keturunan Rasulullah bernama Imam Mahdi.
Foto: Republika.co.id
Rasulullah. Di akhir zaman Allah akan mengutus seorang Muslim keturunan Rasulullah bernama Imam Mahdi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Seorang pria asal Kudus bernama Muhammad Maulana Ishaq mengaku sebagai Imam Mahdi. Di bawah Alquran, dia bahkan bersumpah didatangi Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam yang menunjuknya sebagai Imam Mahdi.

Namun, jangan sampai tertipu. Sebelum kiamat Allah akan mengutus seorang manusia keturunan Nabi Muhammad Rasulullah SAW untuk menjadi pemimpin orang-orang yang beriman. Dialah Imam Mahdi. 

Ciri-ciri seorang Imam Mahdi banyak diterangkan di hadis-hadis Rasulullah. Setidaknya ada tiga hadis yang terdapat dalam HR Abi Daud yang menginformasikan tentang ciri dari Imam Mahdi.

BACA JUGA: Viral, Pria Asal Kudus Mengaku Imam Mahdi dan Sering Didatangi Rasulullah

1. Imam Mahdi Ahlul Bait

Imam Mahdi termasuk ahlul bait nabi karena memiliki garis nasab yang tersambung ke Rasulullah. Ia memimpin dan menegakan keadilan setelah sebelumnya kejahatan merajalela.  

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا الْفَضْلُ بْنُ دُكَيْنٍ حَدَّثَنَا فِطْرٌ عَنْ الْقَاسِمِ بْنِ أَبِي بَزَّةَ عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ عَنْ عَلِيٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَوْ لَمْ يَبْقَ مِنْ الدَّهْرِ إِلَّا يَوْمٌ لَبَعَثَ اللَّهُ رَجُلًا مِنْ أَهْلِ بَيْتِي يَمْلَؤُهَا عَدْلًا كَمَا مُلِئَتْ جَوْرًا

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Al Fadhl bin Dukain berkata, telah menceritakan kepada kami Fithr dari Al Qasim bin Abu Bazzah dari Abu Ath Thufail dari Ali radhiallahu'anhu dari Nabi ﷺ, beliau bersabda, "Sekiranya dunia ini tidak lagi tersisa kecuali hanya sehari, sungguh Allah akan mengutus seorang laki-laki dari ahli baitku, ia akan memenuhi bumi dengan keadilan sebagaimana bumi pernah dipenuhi kajahatan" (HR. Abu Daud).

2. Nasab Tersambung ke Rasulullah

Imam Mahdi memiliki garis nasab yang tersambung ke Rasulullah. Bahkan, namanya sama dengan nama Rasulullah, Muhammad bin Abdullah.

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَعْفَرٍ الرَّقِّيُّ حَدَّثَنَا أَبُو الْمَلِيحِ الْحَسَنُ بْنُ عُمَرَ عَنْ زِيَادِ بْنِ بَيَانٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ نُفَيْلٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ الْمَهْدِيُّ مِنْ عِتْرَتِي مِنْ وَلَدِ فَاطِمَةَ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَعْفَرٍ وَسَمِعْتُ أَبَا الْمَلِيحِ يُثْنِي عَلَى عَلِيِّ بْنِ نُفَيْلٍ وَيَذْكُرُ مِنْهُ صَلَاحًا

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Ibrahim berkata, telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Ja'far Ar Raqqi berkata telah menceritakan kepada kami Abu Al Malih Al Hasan bin Umar dari Ziyad bin Bayan dari Ali bin Nufail dari Sa'id Ibnul Musayyab dari Ummu Salamah ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, "Al Mahdi dari keturunanku, dari jalur Fatimah." Abdullah bin Ja'far berkata, "Aku mendengar Abul Malih memuji Ali bin Nufail, dan ia menyebutkan akan kebaikannya (HR. Abu Daud).

3. Ciri Fisik

Imam Mahdi memiliki hidung yang mancung, dahi yang lebar. Ia memimpin selama tujuh tahun dan menegakan keadilan.

حَدَّثَنَا سَهْلُ بْنُ تَمَّامِ بْنِ بَزِيعٍ حَدَّثَنَا عِمْرَانُ الْقَطَّانُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي نَضْرَةَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَهْدِيُّ مِنِّي أَجْلَى الْجَبْهَةِ أَقْنَى الْأَنْفِ يَمْلَأُ الْأَرْضَ قِسْطًا وَعَدْلًا كَمَا مُلِئَتْ جَوْرًا وَظُلْمًا يَمْلِكُ سَبْعَ سِنِين

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Sahl bin Tammam bin Bazi' berkata, telah menceritakan kepada kami Imran Al Qaththan dari Qatadah dari Abu Nadhrah dari Abu Sa'id Al Khudri ia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, "Al Mahdi itu dari keturunanku, dahinya lebar dan hidungnya mancung, ia akan memenuhi bumi dengan keadilan sebagaimana bumi pernah dipenuhi dengan kejahatan dan kezaliman. Ia akan berkuasa selama tujuh tahun (HR. Abu Daud).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement