Ahad 10 Dec 2023 06:17 WIB

Gelar Jumpa Mitra dan Alumni, UII Harap Implementasi Sinergi Terus Meningkat

Berbagai bentuk kerja sama selama ini sudah dilakukan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Rektor UII, Fathul Wahid dalam acara Jumpa Mitra dan Alumni yang digelar di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sleman, Sabtu (9/12/2023).
Foto: Silvy Dian Setiawan
Rektor UII, Fathul Wahid dalam acara Jumpa Mitra dan Alumni yang digelar di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sleman, Sabtu (9/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar Jumpa Mitra dan Alumni di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sleman, Sabtu (9/12/2023). Acara ini digelar untuk meningkatkan implementasi kerja sama dengan mitra maupun alumni UII.

Rektor UII, Prof Fathul Wahid mengatakan, perjalanan UII tidak lepas dari kerja sama dengan mitra maupun alumni UII. Berbagai bentuk kerja sama ini sudah dilakukan, bahkan tidak hanya dengan mitra-mitra domestik, namun juga internasional.

"Saya mengucapkan terimakasih atas kerja sama ini berjalan produktif. Kita maju bersama dan kami berharap ikhtiar kolektif tersebut berlanjut di tahun-tahun mendatang," kata Fathul, Sabtu (9/12/2023).

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemitraan dan Kewirausahaan UII, Wiryono Raharjo juga mengatakan, kerja sama dilakukan dalam dua bentuk merujuk pada resntra 2022-2026. Yakni kerja sama dengan mitra domestik dan dengan mitra internasional baik di Asia hingga Eropa.

 

Setidaknya, hingga 2023 ini sudah ada ratusan kerja sama yang dilakukan dengan mitra-mitra UII di dalam negeri maupun internasional. Total ada 227 kerja sama sudah dilakukan. "Ini yang ingin kami dorong terus ke depan," ujarnya.

Upaya peningkatan kualitas kemitraan ini juga dilakukan dalam empat area. Mulai dari area pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi, pengabdian masyarakat, dan dakwah.

Dikatakan Wiryono bahwa kerja sama yang paling banyak dilakukan selama ini di area pendidikan dan pengajaran. Salah satunya kerja sama program mobilitas mahasiswa UII maupun dosen UII ke luar negeri.

Tidak hanya itu, jumlah mahasiswa asing yang berkuliah di UII juga terus ditingkatkan. Di 2023 ini, setidaknya ada 135 mahasiswa asing dari 24 negara yang berkuliah di UII.

"Mudah-mudahan terus meningkat. Kita sering melakukan promosi secara regional maupun internasional seperti di Eropa untuk menguatkan kemitraan dan meningkatkan jumlah mahasiswa internasional yang kuliah di UII," ungkap dia.

Untuk itu, dalam acara Jumpa Mitra dan Alumni ini diharapkan dapat semakin memperkuat kemitraan dengan UII, baik dengan mitra domestik maupun mitra internasional.

"Kami berharap yang hadir di sini, mitra domestik kami, kita bisa memikirkan lebih lanjut apa aktivitas yang bisa direalisasikan, sehingga perjanjian kerja sama ini bisa meningkat implementasinya," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement