Rabu 04 Oct 2023 15:39 WIB

Belajar di Malaysia, Mahasiswa Prodi Teknik Sipil UII Ikuti Student Exchange

Program ini adalah salah satu cara menyiapkan lulusan yang adaptif dan profesional.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Suasana kampus UII Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq
Suasana kampus UII Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (FTSP UII) akan mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti student exchange ke Universiti Teknologi MARA (UiTM) pada semester gasal tahun akademik 2023/2024 ini. Program ini mulai diinisiasi pada akhir 2022 dan direalisasikan pada semester gasal ini.

Mahasiswa yang akan mengikuti program student exchange yaitu Edwina Yaffa Saputra, Hasan Al Faruqi, dan Guntur Yudha Mahendra. Ketiga mahasiswa adalah mahasiswa angkatan 2021 yang akan menempuh proses belajar selama satu (1) semester di UiTM.

Pembelajaran di UiTM berlangsung mulai Oktober 2023 hingga Februari 2024. Ketua Prodi Sarjana Teknik Sipil, Yunalia Muntafi, mengatakan program pertukaran pelajar ini adalah langkah penting dalam memperkaya pengalaman akademis dan kultural mahasiswa.

"Kami sangat senang dapat memberikan kesempatan ini kepada mahasiswa kami untuk memperluas wawasan mereka, mengembangkan pemahaman tentang teknik sipil dalam konteks internasional, berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai latar belakang budaya, serta terlibat dalam pertukaran pemikiran dan ide dengan mahasiswa internasional. Program ini adalah salah satu cara kami mempersiapkan lulusan yang adaptif, profesional, dan berorientasi global," kata Yunalia, Rabu (4/10/2023).

 

Momentum pengiriman mahasiswa untuk mengikuti student exchange diharapkan dapat memberikan pengalaman mondial bagi mahasiswa. Yunalia menjelaskan Prodi Teknik Sipil UII berkomitmen untuk meningkatkan jaringan dan aktivitas internasional yang dapat mendukung proses akademik.

Ke depan, Prodi Teknik Sipil juga berencana menambah kerja sama secara berkala dengan International Islamic University Malaysia (IIUM) dan sejumlah universitas lain di luar negeri. Sehingga jumlah mahasiswa yang mengikuti student exchange dapat bertambah.

Ia berharap setiap tahun terdapat mahasiswa yang mengikuti program serupa. Dalam satu tahun ini terdapat beberapa kegiatan international mobility yang diadakan oleh Prodi Teknik Sipil UII.

Antara lain short course Building Information Modelling (BIM) di UiTM Malaysia, Summer School Program, GeoAdventures: Discovering Geohazards and Mitigation Strategies, serta International Collaborative Lecture dengan IIUM.

Prodi Teknik Sipil FTSP UII berharap dapat mengadakan acara serupa setiap tahun sebagai implementasi akreditasi Internasional dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) dan predikat akreditasi UNGGUL dari LAM TEKNIK. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement