Rabu 13 Dec 2023 17:00 WIB

Pemkab Sleman Jalin Kerja Sama dengan GoTo Tingkatkan Kualitas UMKM

Jumlah yang terdata Pemkab Sleman hingga saat ini mencapai 109.693 UMKM.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi pelaku UMKM.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ilustrasi pelaku UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten Sleman melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) bersama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk tentang Pengembangan Pelayanan Publik dan Ekonomi Digital, di Shelter PKL Denggung, Selasa (12/12/2023). Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo melakukan penandatanganan secara langsung bersama dengan Head Regional Sales Gojek Jateng & DIY, Arfiansyah Arfi. 

Kustini mengapresiasi  kerjasama yang terjalin antara kedua belah pihak. Inisiatif dan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman bersama dengan Gojek ini tentu sangat bermanfaat. 

Baca Juga

"Inovasi tak hanya semakin memudahkan para UMKM untuk dapat go digital, namun juga dapat memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memperluas pasar dengan memanfaatkan teknologi Gojek," kata Kustini dalam keterangannya. 

Kustini berharap kesepakatan bersama ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi inklusif di Kabupaten Sleman. Menurutnya Kabupaten Sleman memiliki potensi besar untuk dikerjasamakan dengan pelaku usaha besar dan pelaku UMKM dengan jumlah UMKM yang terdata hingga saat ini mencapai 109.693 UMKM.

"Saya berharap kesepakatan bersama ini menjadi awal baik dalam upaya sinergi antara Pemkab Sleman dan PT GoTo Gojek Tbk untuk memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Head Regional Sales Gojek Jateng & DIY Arfiansyah Arfi mengatakan kerja sama ini menjadi langkah strategis bagi Gojek di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Ia berterimakasih dengan kepercayaan yang diberikan oleh Pemkab Sleman untuk melakukan pembinaan dan pengembangan komunitas usaha mikro, kecil, dan menengah di Kabupaten Sleman melalui pelatihan, fasilitas pemasaran, dan promosi potensi unggulan daerah.

"Ini sejalan dengan tiga pilar dasar dari Gojek, yaitu Speed, Innovation dan Social Impact. Kerjasama ini, saya kira mencakup ketiganya," ungkapnya. 

Ia menjelaskan 3 pilar tersebut yakni Speed, membuat proses go digital bagi para UMKM semakin cepat. Innovation, karena hal ini adalah sebuah hal baru bagi UMKM yang selama ini belum go digital, dan terakhir, Social Impact, karena GoTo ikut mendorong pertumbuhan UMKM di daerah Sleman dengan membantu mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement