Senin 18 Dec 2023 13:57 WIB

Libur Nataru, Polda Jatim Atensi Perlintasan Kereta tak Berpalang

Keselamatan lebih penting dibanding kecepatan.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Perlintasan kereta api tak berpalang pintu (ilustrasi)
Foto: Tiar Bekasi
Perlintasan kereta api tak berpalang pintu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Jatim, Kombes Pol Komarudin mengungkapkan sejumlah titik yang menjadi fokus perhatian Operasi Lilin Semeru yang dijalankan mulai 22 Desember 2023. Selain gereja, titik yang juga menjadi fokus perhatian adalah perlintasan kereta api, khususnya yang belum memiliki palang perlintasan.

"Kami prediksi ribuan kendaraan yang akan melintasi perlintasan kereta api setiap harinya pada libur Nataru. Ini menjadi perhatian kami dan sudah kami petakan pula," kata Komarudin, Senin (18/12/2023).

Komarudin pun meminta pemerintah daerah yang terdapat perlintasan kereta api tak berpalang agar menempatkan petugas untuk menjaga perlintasan sebidang tersebut. Menurutnya, keberadaan petugas sangat penting kelancaran dan keamanan pengendara.

"Pada libur Nataru tentu mobilitas masyarakat akan tinggi, belum lagi masyarakat dari luar Jawa Timur yang datang. Untuk itu harus kita perhatikan demi kelancaran dan keamanannya," ujar Komarudin.

Komarudin juga mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa waspada ketika melewati perlintasan sebidang tanpa palang pintu. Ia pun mengingatkan masyarakat, keselamatan lebih penting dibanding kecepatan.

Komarudin menambahkan, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat saat libur natal dan tahun baru 2024, pihaknya mengerahkan sebanyak 13.034 personel gabungan. Personel gabungan tersebut disebar di 194 pos yang telah disiapkan.

"Kami siapkan sebanyak 143 pos pengamanan. Kemudian ada 42 pos pelayanan, dan sembilan pos terpadu," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement