Sabtu 23 Dec 2023 16:40 WIB

Tim SAR Lanjutkan Pencarian Delapan ABK KM Vision Global di Perairan Sumenep

Pergerakan unsur SAR dari Basarnas Mataram lebih dekat dengan lokasi kejadian.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi
Tim SAR (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Tim SAR (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian terhadap delapan orang anak buah kapal (ABK) KM Vision Global di sebelah tenggara Pulau Sepanjang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. KM Vision Global dengan rute Tuban-Maumere mengalami kecelakaan dan tenggelam di perairan laut yang berjarak sekitar 25 mil laut dari arah selatan Pulau Sepanjang pada Selasa (19/12/2023).

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 21 orang ABK KM Vision Global terjatuh ke laut. Baru 13 orang ABK yang ditemukan awak KM Niki Mila Utama, dan kemudian dievakuasi ke Pelabuhan Bima. Sementara  8 orang ABK KM Vision Global lainnya masih dalam pencarian.

 

"Pencarian dilakukan dengan menggunakan Alut RB (Rescue Boat) 220 dari Basarnas Mataram," Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhamad Hariyadi selaku SAR Mission Coordinator (SMC), Sabtu (23/12/2023).

 

Hariyadi menjelaskan, perbantuan RB 220 Basarnas Mataram dan tim rescuer Pos SAR Bima dimaksudkan untuk efisiensi jarak dan waktu tempuh. Sebab, pergerakan unsur SAR dari Basarnas Mataram lebih dekat dengan lokasi kejadian.

 

Pada hari keempat pencarian, lanjut Hariyadi, tim RB 220 Basarnas Mataram melakukan pencarian di area seluas sekitar 270,59 mil laut. Berdasarkan rencana operasi, penyisiran di area pencarian dilakukan secara paralel, dengan jarak antar lintasan sekitar 1,5 mil laut.

 

Di sela pencarian, lanjut Hariyadi, Tim RB 220 melakukan pemapelan melalui radio marine dengan kapal-kapal yang melintas di sekitar area pencarian. Pemapelan kejadian tersebut juga dilakukan dengan pihak Syahbandar Pelabuhan Bima, KUPP Sapeken, dan Polsek Sapeken.

 

Pemapelan dilakukan sebagai upaya lain untuk mengoptimalkan proses pencarian. Nantinya bila ada di antara kapal dan perahu yang melihat tanda-tanda keberadaan maupun menemukan delapan ABK KM Vision Global, maka diharapkan untuk segera memberikan bantuan evakuasi.

 

Adapun, identitas 8 orang ABK KM Vision Global, yaitu Musnawi C (Nahkoda), Mushadi (Mualim 1), Wira P (Mualim 2), Haryono (KKM), Sugeng S (Masinis 1), Paisal (Koki), Yodi (Cadet Deck), dan Delpi (Operator Genset).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement