Ahad 24 Dec 2023 09:54 WIB

KPU Kabupaten Semarang Terima Logistik Surat Suara DPR RI

Proses pengiriman logistik pemilu ini berjalan dengan lancar.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang mulai menerima logistik surat suara untuk Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Untuk tahap awal, logistik surat suara yang telah diterima KPU setempat berupa surat suara untuk pemungutan suara DPR RI.

"Total berjumlah 1.642 boks, atau sebanyak 821.872 lembar surat suara," ungkap Ketua KPU Kabupaten Semarang, Bambang Setyono, di Ungaran.

Ia mengungkapkan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Semarang sebanyak 803.11. Surat suara yang dikirimkan sebanyak 821.872 atau dua persen lebih banyak dari DPT.

Selain itu juga ada 10 ribu lembar surat suara yang disiapkan untuk mengantisipasi jika harus dilakukan pemungutan suara ulang (PSU).

Kini ratusan ribu surat suara untuk pemilihan DPR RI tersebut telah sampai di gudang penyimpanan KPU Kabupaten Semarang di GOR Wujil, Kecamatan Bergas.

Sebelumnya surat suara ini diangkut dari sebuah percetakan di wilayah Kecamatan Bawen dengan memggunakan tiga unit kendaraan truk angkutan barang.

Setelah surat suara untuk DPR RI ini, masih kata Bambang, KPU juga segera menerima surat suara untuk pemilihan DPRD Provinsi Jateng dan DPRD Kabupaten Semarang per masing-masing dapil.

Bambang juga menyampaikan, proses pengiriman logistik pemilu kali ini berjalan dengan lancar dan bahkan juga nyaris tidak ada kendala yang dihadapi.

Selain lokasi percetakan yang relatif cukup dekat dengan gudang KPU, arus lalu lintas selama proses pengiriman juga cukup lancar.

Selain surat suara, logistik, dan beberapa perlengkapan lain juga sudah disimpan di kompleks GOR Wujil. Seperti tinta, kotak suara, bilik suara, dan lainnya serta dijaga selama 24 jam oleh anggota Polres Semarang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement