Senin 25 Dec 2023 03:38 WIB

Posko Terpadu Nataru di Bandara Ahmad Yani Semarang Efektif Dibuka

Traffic penumpang di Bandara Ahmad Yani semakin meningkat.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Aktivitas calon penumpang transportasi di Terminal Penumpang Bandara Internasional Jenderalo Ahmad yani Semarang, Jawa Tengah.
Foto: dok. istimewa
Aktivitas calon penumpang transportasi di Terminal Penumpang Bandara Internasional Jenderalo Ahmad yani Semarang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di lingkungan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Kota Semarang, telah diefektifkan.

Posko terpadu yang disiapkan oleh PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang ini mengakomodasi dan mengolaborasikan berbagai stakeholder terkait, dalam mendukung keamanan dan kelancaran layanan di lingkungan bandara dalam menyambut Nataru.

Seperti Lanumad Ahmad Yani, Denpom, Koramil, TNI AL, Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dinas Kesehatan Kota Semarang, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Perhubungan Kota Semarang, Perum LPPNPI (Airnav) Semarang.

Selain itu juga Kantor Imigrasi Kelas I Semarang, Kantor Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Semarang, dan Badan SAR Nasional Semarang.

“Ini sebagai upaya dalam memberikan pelayanan yang aman dan nyaman bagi pengguna jasa Bandara Ahmad Yani Semarang,” ungkap General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara  Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwawidada, di Semarang.

Posko Terpadu Angkutan Udara Nataru dilaksanakan selama 16 hari, terhitung mulai 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 dan akan ditutup pada 4 Januari 2024.

Fajar juga menyampaikan traffic penumpang di Bandara Ahmad Yani semakin meningkat, di mana jumlah pergerakan penumpang harian mencapai 5.000 hingga 6.000 penumpang per hari.

Sedangkan puncak arus mudik penumpang diprediksi mencapai 7.000 orang per harinya. Prediksi peningkatan trafik pada periode Nataru kali ini bakal mencapai 10 persen untuk penumpang, 14,4 persen untuk pergerakan pesawat dan 5,9 persen untuk kargo, jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya.

Posko Terpadu Angkutan Udara Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dilaksanakan untuk meningkatkan keselamatan, keamanan, dan pelayanan penerbangan di Bandara Ahmad Yani Semarang.

Di antaranya, memantau trafik pergerakan angkatan udara (pesawat, penumpang dan kargo), memantau operasional keselamatan penerbangan dan keamanan bandara kawasan bandara.

“Melalui kolaborasi ini diharapkan pelayanan kepada penumpang selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar,” tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement