Rabu 27 Dec 2023 18:02 WIB

Ratusan Ribu Surat Suara Pemilu 2024 Didistribusikan ke KPU Bantul

Surat suara telah diterima dalam keadaan baik dan dibuka sesuai jumlah dipesan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Sebanyak ratusan ribu surat suara untuk Pemilu 2024 sudah didistribusikan ke Kabupaten Bantul.
Foto: Humas Pemkab Bantul
Sebanyak ratusan ribu surat suara untuk Pemilu 2024 sudah didistribusikan ke Kabupaten Bantul.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Sebanyak ratusan ribu surat suara untuk Pemilu 2024 sudah didistribusikan ke Kabupaten Bantul. Surat suara yang didistribusikan yaitu sebanyak 758.449 lembar surat suara ditambah 1.000 lembar surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU).

Ketua KPU Bantul, Joko Santoso mengatakan, hari ini pihaknya telah menerima logistik Pemilu 2024 berupa surat suara dari rekanan.

"Hari ini KPU Kabupaten Bantul telah menerima logistik Pemilu berupa surat suara Pemilu presiden dan wakil presiden sebanyak 381 boks dengan total 758.449 lembar surat suara ditambah 1.000 lembar surat suara untuk pemungutan suara ulang," jelas Joko Santoso saat dihubungi, Rabu (27/12/2023).

Joko juga menjelaskan, surat suara telah diterima dalam keadaan baik dan dibuka sesuai dengan jumlah yang dipesan. Nantinya, sortir lembar surat suara akan dilakukan pada awal Bulan Januari 2024. "Sortir dan lipat surat suara akan kita lakukan di tanggal 4-5 Januari," katanya.

Proses distribusi logistik pemilu ini mendapatkan pengamanan ketat dari jajaran Polres Bantul.

"Kami jajaran Polres Bantul telah bersinergi dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum) beserta Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) dan siap memberikan pengamanan ketat dalam seluruh proses distribusi tersebut sampai tuntas, sebagai upaya menyukseskan Pemilu 2024," ujar Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana.

Jeffry menyatakan, logistik Pemilu 2024 disimpan pada gudang logistik KPU yang terletak di Jalan Parangtritis, KM 10, Rendeng, Gabusan, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Pihaknya juga telah menempatkan personel Polres Bantul untuk melakukan penjagaan sebagai antisipasi gangguan keamanan di lokasi.

"Selain itu, kami juga menerjunkan regu patroli dari Satsamapta Polres Bantul pada jam-jam rawan kejahatan," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement