Kamis 18 Jan 2024 23:04 WIB

Puting Beliung Terjang Dua Desa di Bondowoso, Sejumlah Warga Dikabarkan Terluka

Dilaporkan ada puluhan rumah yang terdampak puting beliung di Bondowoso.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Rumah rusak terdampak puting beliung.
Foto: ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
(ILUSTRASI) Rumah rusak terdampak puting beliung.

REPUBLIKA.CO.ID, BONDOWOSO — Puting beliung menerjang dua desa di wilayah Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (18/1/2024). Berdasarkan pendataan sementara, dikabarkan ada puluhan rumah yang terdampak dan sejumlah warga terluka akibat tertimpa material atap rumah. 

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, Yuliono, mengatakan, hujan dengan puting beliung menerjang wilayah Desa Walidono dan Cangkring, Kecamatan Prajekan. Kejadiannya dilaporkan sekitar pukul 16.00 WIB.

Baca Juga

Adapun petugas BPBD mendapatkan informasi kejadian bencana itu sekitar pukul 16.30 WIB dari warga setempat. Yuliono mengatakan, petugas BPBD lalu mengecek ke lokasi terdampak dan melakukan pendataan.

“Dampak bencana alam angin puting beliung di dua desa ini cukup parah, makanya kami masih melakukan pendataan,” kata Yuliono, saat dihubungi, Kamis.

Sementara ini, dikabarkan ada puluhan rumah di Desa Walidono dan Cangkring yang terdampak puting beliung dan mengalami kerusakan. “Selain rumah, banyak pohon yang juga tumbang,” ujar Yuliono.

Menurut Yuliono, ada sejumlah warga yang dilaporkan terluka akibat dampak kejadian puting beliung itu. Sejumlah warga dikabarkan terkena reruntuhan material atap rumah saat puting beliung menerjang. “Laporan dari warga, ada delapan orang mengalami luka ringan akibat puting beliung,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement