Jumat 19 Jan 2024 11:01 WIB

Puting Beliung di Bondowoso, 190 Rumah Terdampak

Puting beliung menerjang dua desa di wilayah Bondowoso.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Rumah rusak terdampak puting beliung.
Foto: ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
(ILUSTRASI) Rumah rusak terdampak puting beliung.

REPUBLIKA.CO.ID, BONDOWOSO — Sebanyak 190 rumah dilaporkan terdampak puting beliung yang menerjang dua desa di wilayah Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Selain mengakibatkan kerusakan pada rumah, puting beliung juga memicu sejumlah pohon tumbang.

Puting beliung dilaporkan menerjang wilayah Desa Walidono dan Desa Cangkring, Kecamatan Prajekan, pada Kamis (18/1/2024) petang. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bondowoso Dadan Kurniawan mengatakan, berdasarkan hasil pendataan, di dua desa itu ada 190 rumah yang terdampak puting beliung, dengan tingkat kerusakan ringan hingga berat.

Baca Juga

“Dari 190 rumah warga terdampak bencana angin puting beliung di dua desa ini, terparah kerusakan rumah, yaitu di Desa Walidono,” ujar Dadan, Jumat (19/1/2024).

Dampak kejadian puting beliung, delapan warga dilaporkan terluka akibat tertimpa reruntuhan material atap rumah. Warga yang terluka itu sudah mendapatkan penanganan medis.

Dadan mengatakan, hari ini petugas BPBD, Tagana, kepolisian, dan TNI, bersama elemen masyarakat lainnya melakukan gotong royong untuk membantu warga terdampak membereskan puing-puing bangunan rumah dan bersih-bersih.

“Kerja bakti membersihkan pohon-pohon yang tumbang di jalan desa, termasuk membantu warga terdampak,” kata Dadan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement