Kamis 25 Jan 2024 23:08 WIB

Kota Malang Dilanda Angin Kencang dan Hujan Es

Dilaporkan ada mobil yang rusak tertimpa pohon tumbang.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Hujan es.
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
(ILUSTRASI) Hujan es.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG — Wilayah Kota Malang, Jawa Timur, dilanda hujan deras disertai angin kencang, Kamis (25/1/2024). Selain itu, dilaporkan terjadi hujan es di sejumlah lokasi.

“Hujan intensitas tinggi disertai angin kencang terjadi kurang lebih pada pukul 13.00 hingga 13.45 WIB,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Prayitno, Kamis.

Baca Juga

Saat itu juga dilaporkan terjadi hujan es. Fenomena hujan es ini dilaporkan terjadi di wilayah Kelurahan Karangbesuki, Kelurahan Merjosari, dan Kelurahan Tlogomas.

Prayitno mengatakan, kondisi cuaca ekstrem menimbulkan kerusakan di sejumlah lokasi. Berdasarkan data BPBD, ada kejadian pohon tumbang di kawasan Jalan Bukit Cemara Tidar, yang menimpa satu mobil. Sementara di kawasan Vila Bukit Tidar dikabarkan ada dua sepeda motor yang rusak ringan akibat tertimpa dahan pohon patah.

Selain itu, menurut Prayitno, ada papan reklame di pertokoan kawasan Jalan MT Haryono, Kecamatan Lowokwaru, yang mengalami kerusakan. “Kemudian atap terempas terjadi di Ruko Griya Amarta, Jalan Joyo Agung,” kata dia.

Prayitno mengatakan, tidak ada laporan korban terluka ataupun korban jiwa akibat dampak kondisi cuaca ekstrem itu. Namun, ada kerugian materiel, yang nilainya masih dalam penghitungan. BPBD Kota Malang melakukan asesmen terkait kerusakan itu. “Kami mengimbau kepada warga untuk selalu waspada terhadap bencana,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement