Kamis 25 Jan 2024 11:04 WIB

12 Awak Kapal Putra Sumber Mas Disebut Ditemukan Terapung di Selat Bali

Tim SAR gabungan mencari tiga awak kapal lainnya. 

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kapal Negara (KN) SAR 249 Permadi yang dikerahkan untuk melakukan pencarian.
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
(ILUSTRASI) Kapal Negara (KN) SAR 249 Permadi yang dikerahkan untuk melakukan pencarian.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Upaya evakuasi dilakukan terhadap 12 dari 15 awak Kapal Putra Sumber Mas, yang sebelumnya dikabarkan mengalami mati mesin di perairan utara Pulau Madura, Jawa Timur. Menurut Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Surabaya Mahmud Afandi, 12 awak kapal itu dikabarkan ditemukan terapung di perairan Selat Bali sebelah utara Pulau Lombok.

Kapal Putra Sumber Mas dikabarkan mengalami mati mesin karena kemasukan air laut pada Sabtu (20/1/2024) pagi. Kapal tersebut dalam perjalanan pulang ke Lamongan, Jawa Timur, melewati perairan laut utara Pulau Madura.

Baca Juga

Mahmud menjelaskan, 12 awak Kapal Putra Sumber Mas ditemukan oleh awak tugboat (TB) Kharisma Bahari 168, yang melintas dari Saumlaki, Maluku, menuju arah Gresik, Jawa Timur. Mereka ditemukan di perairan Selat Bali sebelah utara Pulau Lombok.

“Informasi yang kami terima, TB Kharisma Bahari 168, yang sedang menarik TB Kharisma Bahari 98, awalnya melihat 12 orang ABK yang terapung dengan menggunakan material kapal dan meminta pertolongan. Lalu satu per satu survivor berhasil diselamatkan,” kata Mahmud, Kamis (25/1/2024).

Menurut Mahmud, tim SAR gabungan menerima informasi soal penyelamatan 12 awak kapal itu melalui Radio Marine Kapal Negara (KN) SAR Permadi pada Rabu (24/1/2024), sekitar pukul 07.15 WIB. Setelah dikonfirmasi, kata dia, KN SAR Permadi dikerahkan untuk melakukan penjemputan terhadap 12 orang yang diselamatkan awak TB Kharisma Bahari 168.

Intercept dengan KN SAR Permadi dilakukan di perairan sekitar Pulau Kangean, Sumenep, Madura," ujar Mahmud.

Sekitar pukul 14.00 WIB, menurut Mahmud, KN SAR Permadi bisa mendekati lokasi TB Kharisma Bahari 168. Namun, kata dia, proses tender KN SAR Permadi dengan TB Kharisma itu tidak bisa dilakukan lantaran kondisi cuaca buruk dan gelombang tinggi.

Melihat proses tender tidak mungkin dilanjutkan, KN SAR Permadi kemudian merapat menuju Pelabuhan Sapeken untuk berlindung. Sedangkan TB Kharisma Bahari 168 melanjutkan perjalanan sesuai rutenya.

“Setelah keadaan cuaca kondusif, kami akan lanjutkan lagi penjemputan 12 ABK yang ada di TB Kharisma 168 dan rencana setelah itu akan kami evakuasi menuju Dermaga Kalianget, Sumenep, karena di sana sudah stand by ambulans dan staf medis dari KKP, Dinkes, dan Puskesmas Kalianget,” ujar Mahmud.

Data 12 awak Kapal Putra Sumber Mas yang ditemukan:

1. Rohmat Mustakim (33 tahun)

2. Agus Gani Susanto (42)

3. Andriko Johan Tomas (23)

4. Suburno (23)

5. Anton (31)

6. M Nizar Firmansyah (21)  

7. Kasno (43)  

8. Ali Fauzi (55) 

9. Slamet Riyadi (32)

10. Harnanto 

11. M Ali Rosyidin

12. Mulyono

 

Inisial tiga awak Kapal Putra Sumber Mas yang masih dalam pencarian:

 

1. AGS

2. AS

3. ZA

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement