Ahad 28 Jan 2024 18:45 WIB

Sorlip Surat Suara Beres, KPU Bantul Jadwalkan Pendistribusian Logistik Pemilu

KPU Bantul menunggu penggantian surat suara yang rusak.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Logistik pemilu 2024.
Foto: ANTARA FOTO/Henry Purba
(ILUSTRASI) Logistik pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL — Proses sortir dan lipat (sorlip) surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tuntas. Setelah itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul akan menyiapkan pendistribusian logistik pemilu ke tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Lima jenis surat suara itu sudah kita lipat dengan baik. Seperti surat suara (pemilu) presiden dan wakil presiden, total sebanyak 758.449 surat suara, sudah kita sortir. Lalu empat jenis yang lain sudah selesai kita sortir,” kata Ketua KPU Kabupaten Bantul Joko Santosa, Sabtu (27/1/2024).

Baca Juga

Empat jenis surat suara lain itu untuk pemilu anggota DPD, DPR RI, serta DPRD provinsi dan kabupaten. Dari hasil penyortiran, kata Joko, ditemukan sejumlah surat suara yang rusak. Menurut dia, surat suara rusak itu sudah dipisahkan. KPU Kabupaten Bantul pun sudah melaporkannya ke KPU pusat untuk mendapatkan penggantinya. “Ada pengganti dari KPU (pusat),” kata dia.

Joko berharap surat suara yang rusak segera diganti. Setelah itu, kata dia, dilakukan pengemasan logistik pemilu, yang ditargetkan selesai pada awal Februari. Kemudian logistik pemilu didistribusikan ke tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Kami yakin dan optimistis pada H-3 pemungutan suara kita sudah bisa mendistribusikan semua logistik sampai ke PPS (Panitia Pemungutan Suara) tingkat kelurahan,” ujar Joko.

Dalam pendistribusian logistik pemilu itu, Joko mengatakan, KPU Kabupaten Bantul bekerja sama dengan layanan ekspedisi. “Kita bekerja sama dengan beberapa ekspedisi yang menawarkan ke kita. Karena musim hujan, tentu kami untuk ekspedisi menggunakan truk yang boks, jadi tidak terbuka agar logistik kita aman sampai ke tingkat PPS di kelurahan,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement