Rabu 31 Jan 2024 13:21 WIB

Waspada Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di DIY Hari Ini

Tinggi gelombang di perairan selatan DIY berkisar antara 1,25 meter hingga 2,5 meter.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Cuaca. Ilustrasi
Foto: Huffingtonpost
Cuaca. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Masyarakat DIY diminta untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Rabu (31/1/2024) ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA menyebut bahwa potensi hujan ini terjadi di sebagian besar wilayah di DIY.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ini diperkirakan akan terjadi pada siang hingga sore hari. Bahkan, diprediksi akan disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang.

"Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul bagian utara, Kabupaten Gunungkidul, dan Kabupaten Kulon Progo bagian utara," kata BMKG Stamet YIA, Rabu (31/1/2024).

BMKG Stamet YIA juga mengatakan bahwa siang hingga sore ini juga berpotensi hujan dengan intensitas ringan-sedang di bagian wilayah DIY lainnya. Seperti di Kabupaten Bantul bagian selatan, dan Kabupaten Kulonprogo bagian selatan.

"Malam hari berpotensi hujan ringan-sedang di Kulon progo bagian selatan dan Bantul bagian selatan," ucap BMKG Stamet YIA.

Sementara itu, suhu udara Rabu (31/1/2024) ini dikatakan mencapai 22-30 derajat celcius. Sedangkan, untuk kelembaban udara mencapai 65-98 persen.

"Angin bertiup dari arah barat ke barat laut dengan kecepatan maksimum 20 kilometer per jam," ungkapnya.

BMKG Stamet YIA juga menyebut bahwa tinggi gelombang di perairan selatan DIY hari ini berkisar antara 1,25 meter hingga 2,5 meter. Artinya, diperkirakan tidak terjadi gelombang tinggi pada Rabu ini.

"Tinggi gelombang di perairan Yogyakarta masuk kategori sedang," jelas BMKG Stamet YIA.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement