Rabu 31 Jan 2024 16:27 WIB

INH Distribusikan Air Bersih di Kamp Pengungsi Al Mawasi Gaza

Warga Gaza yang mengungsi di kamp pengungsian tersebut berjumlah puluhan ribu.

International Networking for Humanitarian (INH) mendistribusikan ribuan liter air bersih ke kamp pengungsian Al Mawasi, Khan Younis, Gaza Selatan, beberapa waktu lalu.
Foto: INH
International Networking for Humanitarian (INH) mendistribusikan ribuan liter air bersih ke kamp pengungsian Al Mawasi, Khan Younis, Gaza Selatan, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Lembaga kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH) terus menyalurkan bantuan kemanusiaan ke wilayah Gaza, Palestina. Kali ini, bantuan kemanusiaan yang didistribusikan langsung ke kamp pengungsian Al Mawasi, Khan Younis Gaza Selatan berupa ribuan liter air bersih.

"Air bersih merupakan kebutuhan yang sangat mendasar, dan sangat dibutuhkan saat ini oleh pengungsi di sini. Saat kami melakukan distribusi ribuan pengungsi sudah mengantre untuk mendapatkan jatah air bersih," kata penanggung jawab program INH di Gaza, Muhammad Yasin, Rabu (31/1/2024).

Menurutnya, warga Gaza yang mengungsi di kamp pengungsian tersebut berjumlah puluhan ribu. Umumnya mereka merupakan warga Gaza Utara yang mencari perlindungan dan tempat aman di wilayah Selatan. Mereka tinggal di dalam tenda-tenda berukuran 2x4 meter dengan kondisi serba keterbatasan.

"Untuk jumlah pengungsi disini sangat banyak, kami berusaha sekuat tenaga untuk terus membantu saudara-saudara kita yang ada di pengungsian agar bisa hidup layak dan terpenuhi kebutuhanya," jelas Yasin.

Yasin mewakili puluhan ribu warga Gaza mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan kaum dermawan di Indonesia yang telah terlibat dalam program kemanusiaan. Indonesia di mata warga Gaza merupakan negara yang memiliki komitmen dan selalu ada untuk warga Gaza.

"Terima kasih INH, terima kasih warga Indonesia kami sangat apresiasi atas kepedulian kalian terhadap warga Gaza, Palestina," ucapnya.

Sementara itu, Manager Program INH Muhammad Hafidz, mengatakan INH sebagai lembaga kemanusiaan akan berkomitmen untuk menjadi garda terdepan dalam penyaluran program kemanusiaan di wilayah Gaza. Menurutnya, bantuan kemanusiaan yang merupakan hasil donasi dari warga Indonesia terus disalurkan melalui relawan lokal INH di Jalur Gaza di kamp-kamp pengungsian yang ada diwilayah Khan Younis, Gaza Selatan.

Sepanjang bulan Januari 2024 ini INH sudah melakukan beberapa kali penyaluran program bantuan pangan, seperti pembagian sayur dan buah-buhan, kemudian paket sembako, dan belum lama pihaknya juga menyalurkan ribuan kilo tepung gandum untuk para pengungsi.

"Ini merupakan penyaluran program darurat bantuan pangan, semoga situasi di Jalur Gaza bisa segera kondusif segingga penyaluran program bantuan kemanusiaan bisa semakin maksimal," katanya.

Saat ini, kata Ibnu kondisi di Gaza masih sangat mencekam, dimana roket dan bom-bom Israel masih mengancam wilayah Gaza. Tak ada tempat yang aman bagi penduduk Gaza. Kita berharap situasi dan kondisi di Jalur Gaza bisa segera membaik dan bantuan kemanusiaan bisa terus masuk ke kantong-kantong pengungsian yang tersebar di beberapa titik.

"Sebagai wujud kepedulian bagi warga Palestina, INH masih membuka program kemanusiaan, open donasi dan mengajak masyarakat untuk menyalurkan bantuan dana kemanusiaan yang dapat disalurkan melalui kami," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement