Senin 05 Feb 2024 11:35 WIB

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini: Ada Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah DIY.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Hujan diperkirakan akan terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Senin (5/2/2024) ini. Potensinya mulai dari hujan intensitas ringan sampai lebat.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) Yogyakarta (YIA), hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi pada siang hingga sore hari.

Baca Juga

Masyarakat di sejumlah daerah diminta waspada akan hujan lebat yang dapat disertai angin kencang, yang berpotensi memicu terjadinya bencana.

“Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di Kota Yogyakarta, Sleman, Gunungkidul bagian utara, Bantul bagian utara, dan Kulon Progo bagian utara.” Demikian peringatan dari BMKG Stamet YIA.

Pada siang hingga sore hari juga diprakirakan potensi hujan ringan-sedang di wilayah Kulon Progo bagian selatan, Bantul bagian selatan, dan Gunungkidul bagian selatan.

Ihwal kondisi gelombang laut di perairan selatan DIY, BMKG Stamet YIA menginformasikan ketinggiannya berkisar 1,25 meter hingga 2,5 meter. Ketinggian gelombang itu masuk kategori sedang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement