Kamis 08 Feb 2024 15:57 WIB

Momen Imlek, Perajin di Blitar Berkreasi Buat Tas Lampion, Pesanan Meningkat

Selain tas lampion, ada beberapa pernak-pernik Imlek lainnya.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Momen Imlek.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
(ILUSTRASI) Momen Imlek.

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR — Momen Imlek 2024 disambut perajin asal Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, untuk membuat tas lampion. Selain tas lampion, masih ada sejumlah pernak-pernik bernuansa Imlek.

Salah satu perajin, Andreas Prasetyo, mengaku berkreasi membuat tas lampion dengan cara dijahit. Menurut dia, tas lampion ini dapat digunakan sebagai wadah angpau. “Imlek identik dengan pemberian angpau ke anak-anak, sehingga kami ambil kesempatan itu,” ujar dia, Kamis (8/2/2024).

Baca Juga

Pada momen Imlek kali ini, Andreas membuat sekitar 300 tas lampion. Ia juga membuat pernak-pernik atau aksesori lain, seperti bantal. Total sekitar 800 produk yang disiapkan. Untuk membuat produk itu, ia melibatkan sejumlah pekerja, seperti yang bertugas menjahit dan mengemas.

Menurut Andreas, pada momen Imlek kali ini jumlah pesanan yang diterimanya meningkat hingga sekitar 50 persen dibandingkan tahun lalu. Ia mengaku pesanan bukan hanya datang dari berbagai daerah di Jawa Timur. Ada juga dari luar, seperti Bogor, Jawa Barat.

Untuk memperluas pemasaran produk kerajinannya, Andreas menggunakan berbagai cara, termasuk lewat media sosial. Ia berharap usahanya ini dapat terus berkembang, sehingga bisa juga membuka lapangan pekerjaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement