Kamis 08 Feb 2024 16:24 WIB

Libur Panjang, Ribuan Penumpang Kereta Turun di Stasiun Kota Yogyakarta

Ada peningkatan kedatangan penumpang kereta di stasiun wilayah PT KAI Daop 6.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Irfan Fitrat
Suasana Stasiun Yogyakarta, Kota Yogyakarta, yang dihias dengan dekorasi nuansa Imlek.
Foto: Dok: Daop 6 Yogyakarta
Suasana Stasiun Yogyakarta, Kota Yogyakarta, yang dihias dengan dekorasi nuansa Imlek.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Jumlah penumpang kereta api (KA) yang datang atau turun di stasiun wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta meningkat pada awal momen libur panjang Isra Mi’raj dan Imlek 2024. Termasuk di stasiun yang ada di Kota Yogyakarta.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, mengatakan, peningkatan jumlah penumpang kereta yang turun di stasiun wilayah Daop 6 ini terjadi mulai Rabu (7/2/2024). Kemarin, terdata 25.336 penumpang turun di stasiun wilayah Daop 6 atau meningkat sekitar 59,3 persen dari hari sebelumnya.

Baca Juga

Sementara pada Kamis (8/2/2024) ini, hingga pukul 08.00 WIB, tercatat kedatangan sebanyak 26.396 penumpang atau meningkat sekitar 66 persen dibandingkan Selasa lalu. Ada lima stasiun dengan jumlah kedatangan penumpang terbanyak. Dua di antaranya di wilayah Kota Yogyakarta.

“Stasiun dengan tingkat kedatangan tertinggi pada tanggal 7 hingga 8 Februari 2024 adalah Stasiun Yogyakarta dengan 12.473 penumpang, Stasiun Lempuyangan dengan 7.471 penumpang,” kata Krisbiyantoro, Kamis.

Kemudian Stasiun Solo Balapan dengan jumlah kedatangan 3.529 penumpang, Stasiun Klaten 871 penumpang, dan Stasiun Purwosari dengan kedatangan 723 penumpang.

Menurut Krisbiyantoro, penumpang kereta yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 6 Yogyakarta juga meningkat. Pada Rabu, terdata total 23 ribu penumpang atau meningkat 77,4 persen dari hari sebelumnya. “Daop 6 memperkirakan peningkatan signifikan keberangkatan penumpang akan terjadi pada arus balik hari Sabtu dan Minggu, 10 dan 11 Februari 2024,” ujarnya.

Krisbiyantoro mengatakan, tiket kereta menuju sejumlah daerah tujuan favorit masih tersedia, seperti ke Jakarta, Bandung, Semarang, Madiun, Surabaya, dan Malang. Di tengah keramaian arus penumpang ini, PT KAI Daop 6 Yogyakarta mengingatkan seluruh penumpang agar selalu memperhatikan barang bawaan agar tidak tertinggal ataupun tertukar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement