Jumat 23 Feb 2024 11:17 WIB

Pemungutan Suara Ulang di Bantul, Dinkes Siaga Pantau Kesehatan Petugas Pemilu

Dinkes Bantul mengantisipasi adanya petugas pemilu yang sakit.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pemungutan suara Pemilu 2024.
Foto: Republika/Thoudy Badai
(ILUSTRASI) Pemungutan suara Pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL — Pemungutan suara ulang (PSU) atau pemungutan suara lanjutan (PSL) akan digelar di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Sabtu (24/2/2024). Beberapa di antaranya di wilayah Kabupaten Bantul.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul akan memantau petugas pemilu yang bertugas saat PSU. Seperti anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). “Kita monitor petugas KPPS ini, juga melibatkan kader posyandu. Dari kader ini kita lakukan monitor di masing-masing TPS,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Bantul Agus Tri Widyantara kepada Republika, Kamis (22/2/2024).

Baca Juga

Agus mengatakan, disiagakan juga fasilitas kesehatan dan tim reaksi cepat. Menurut dia, tim reaksi cepat disiapkan melakukan penanganan apabila ada petugas atau pemilih yang mengalami gangguan kesehatan.

“Kalau misalnya ada keluhan-keluhan dari petugas, nanti akan menghubungi puskesmas yang ada di wilayah kerjanya. Jadi, nanti tetap monitor di tingkat dusun. Ada yang dari kader dan juga dari puskesmas, kita tetap standby. Ada tim reaksi cepat yang nanti bisa memberikan pertolongan kalau sewaktu-waktu dibutuhkan,” kata Agus.

 

Menurut Agus, Dinkes juga menyiagakan ambulans untuk memudahkan mobilisasi petugas pemilu yang mengalami masalah kesehatan. “Kita juga bekerja sama dengan ambulans-ambulans yang ada di kelurahan. Jadi, masing-masing ambulans itu sudah standby,” ujarnya.

Selain terkait PSU, Dinkes Kabupaten Bantul juga memantau para petugas pemilu lainnya. Pasalnya, tahapan pemilu lain masih berlangsung, yaitu rekapitulasi penghitungan suara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement