Sabtu 24 Feb 2024 10:15 WIB

Kembali Hadir di Yogyakarta, Semesta Buku Dipadati Ratusan Pengunjung

Total pengunjung dalam sehari bisa 1.000 lebih.

Rep: Nessa Kamalika/ Red: Fernan Rahadi
Suasana event Semesta Buku yang digelar Gramedia di Jalan Raya Tajem, Maguwoharjo, Sleman, Jumat (23/2/2024).
Foto: Nessa Kamalika
Suasana event Semesta Buku yang digelar Gramedia di Jalan Raya Tajem, Maguwoharjo, Sleman, Jumat (23/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA —  Gramedia kembali menyuguhkan Semesta Buku, sebuah acara pesta buku yang menghadirkan buku yang berkualitas dan harga yang terjangkau. Digelar sejak 23 Februari-3 Maret 2024 di Yogyakarta, acara ini juga digelar di beberapa kota-kota besar yang ada di Indonesia.

"Total pengunjung sehari bisa 1.000 lebih. Event ini kami adakan karena komitmen Gramedia untuk meningkatkan literasi di Indonesia. Kami berjalan serentak di 30 titik pada kota-kota seluruh Indonesia," kata Bagus Aji, panitia penyelenggara kepada Republika, Jumat (23/2/2024). 

Acara Semesta Buku ini diisi beragam tema atau genre buku dimulai dari komik, buku anak -anak, buku seni, buku sekolah, hingga buku hukum, medis dan bisnis. Buku dengan diskon yang beragam dari 30 persen hingga 70 persen membuat para penggemar buku banyak yang memborong hingga banyak yang membuka jasa titip (jastip).

Seorang pengunjung, Sofi, mengatakan baru pertama kali hadir pada Semesta Buku Gramedia. 

 

"Pengen cari buku tapi belum tau bukunya apa. Terus harganya juga murah di katalog-katalognya jadi aku mampir ke sini sama temen-temenku. Aku baru pertama kali kesini, first impression-ku kaget rame banget," kata Sofi. 

Sementara itu, Lila, pengunjung lainnya mengaku mengetahui informasi tentang event tersebut dari Instagram dan grup Whatsapp. Ia pun mengaku motivasinya membeli buku adalah untuk dijual kembali.

"Buku yang saya beli totalnya Rp 1.000.000-an lebih. Saya membeli kebanyakan (genre) novel fantasi," kata Lila, seorang reseller.

Selain dari media sosial dan aplikasi-aplikasi perpesanan, beberapa pembeli mengetahui informasi event Semesta Buku tersebut dari mulut ke mulut (word of mouth).

"Tujuan dari dihadirkannya acara Semesta Buku ini adalah untuk meningkatkan literasi. (Kegiatan ini) akan diselenggarakan secara berkelanjutan agar masyarakat dapat mendapatkan buku-buku yang berkualitas dengan harga terjangkau," kata Bagus Aji menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement