Senin 26 Feb 2024 11:02 WIB

Waspada, Ada Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Kecamatan Wilayah DIY

Hujan lebat dapat memicu terjadinya bencana.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
(ILUSTRASI) Kondisi cuaca.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan lebat di sejumlah kecamatan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Senin (26/2/2024) ini. Masyarakat diminta waspada akan dampak dari hujan lebat.

Berdasarkan informasi BMKG Stasiun Meteorologi (Stamet) Yogyakarta (YIA), ada 13 kecamatan di wilayah Kota Yogyakarta yang berpotensi dilanda hujan lebat. Mencakup wilayah Umbulharjo, Mergangsan, Pakualaman, Gondokusuman, Danurejan, Gondomanan, Kraton, Gedongtengen, Ngampilan, Wirobrajan, Mantrijeron, Tegalrejo, dan Jetis.

Baca Juga

Sementara di wilayah Kabupaten Kulon Progo ada lima kecamatan yang masuk kategori waspada dampak hujan lebat, yaitu Wates, Pengasih, Kokap, Panjatan, dan Sentolo. Adapun di Kabupaten Sleman mencakup wilayah Gamping dan Depok. 

Di Kabupaten Bantul, ada tiga kecamatan yang masuk kategori waspada dampak hujan lebat, yakni Banguntapan, Sewon, dan Kasihan. Adapun di wilayah Kabupaten Gunungkidul mencakup Paliyan, Saptosari, Semanu, Wonosari, dan Tanjungsari.

 

Hujan dengan intensitas lebat berpotensi meningkatkan debit air sungai, yang dapat memicu terjadinya banjir. “Dampak lainnya juga bisa menyebabkan longsor, guguran bebatuan, atau erosi tanah dalam skala menengah.” Demikian informasi dari BMKG Stamet YIA.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement