Senin 26 Feb 2024 23:58 WIB

Bantuan Pangan Beras Mulai Disalurkan di Kota Pekalongan

Bantuan beras ditujukan untuk 28.117 KPM di Kota Pekalongan.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Warga membawa bantuan pangan berupa beras.
Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
(ILUSTRASI) Warga membawa bantuan pangan berupa beras.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN — Bantuan pangan beras, yang merupakan program pemerintah pusat, mulai disalurkan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan bekerja sama dengan Perum Bulog Cabang Tegal menyalurkan bantuan pangan beras itu untuk 28.117 keluarga penerima manfaat (KPM).

Alhamdulillah, hari ini kami bisa meluncurkan penyaluran bantuan cadangan pangan pemerintah untuk bantuan pangan beras tahap pertama melalui Perum Bulog. Beras tersebut akan kami salurkan pada keluarga penerima manfaat di 27 kelurahan dari 4 kecamatan,” kata Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid, Senin (26/2/2024).

Baca Juga

Afzan mengatakan, masing-masing KPM menerima bantuan 10 kilogram beras. Menurut dia, bantuan beras diberikan enam bulan untuk membantu meringankan beban masyarakat. “Kami berharap bantuan ini bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar dia.

Pimpinan Cabang Perum Bulog Cabang Tegal, Anna Marianofa, mengatakan pihaknya akan menyalurkan bantuan pangan beras sebanyak 7.370 ton di wilayah eks Karesidenan Pekalongan.

 

Adapun untuk program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), menurut Anna, tercatat hingga Februari 2024 sudah disalurkan sebanyak 1.000 ton, termasuk melalui ritel modern di Kota Pekalongan.

“Untuk wilayah kerja Perum Bulog Cabang Tegal sudah sekitar 6.000 ton yang disalurkan, yaitu mulai wilayah Brebes, Tegal, Pemalang, dan Kabupaten Batang. Kami memastikan stok beras masih aman hingga dua-tiga bulan ke depan,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement