Ahad 31 Mar 2024 15:06 WIB

Parangtritis Diprediksi Kebanjiran Wisatawan di Libur Lebaran, Ini Antisipasi Polisi

Polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Karta Raharja Ucu
Wisatawan di pantai Parangtritis.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Wisatawan di pantai Parangtritis.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Kawasan Pantai Parangtritis menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pada musim libur Lebaran 2024 diperkirakan destinasi tersebut akan kebanjiran wisatawan.   

Untuk itu, disiapkan rekayasa lalu lintas di jalan menuju destinasi wisata Parangtritis selama libur Lebaran mengingat berpotensi terjadinya kepadatan arus. Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, Kepolisian sudah menyusun strategi terkait rekayasa yang akan diterapkan di jalan menuju Parangtritis.

“Untuk mengantisipasi kemacetan di jalur utama menuju Pantai Parangtritis, kami siapkan rekayasa lalu lintas,” kata Jeffry, Ahad (31/3/2024).

Jeffry menuturkan, pihaknya akan melakukan pengalihan arus di Simpang Tiga Sempalan Pundong jika kendaraan yang menuju Pantai Parangtritis sudah antre di atas Jembatan Kretek I. “Nantinya juga akan dipasang petunjuk arah pada penggal-penggal yang dilakukan rekayasa lalu lintas,” ucap Jeffry.

 

Ia menjelaskan, kendaraan yang dialihkan yakni sepeda motor dan mobil penumpang atau kendaraan roda dua dan roda empat. Sedangkan, untuk bus dan kendaraan besar pengangkut barang tetap melalui Jalan Parangtritis.

“Kami juga akan menempatkan tim urai di Simpang Tiga Jembatan Kretek I yang merupakan jalur rawan kepadatan arus,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement