Selasa 02 Apr 2024 20:36 WIB

Layanan BBM Mobil dan Toilet Portabel akan Disiapkan di Ruas Tol Solo-Yogya

Ruas tol Solo-Yogyakarta akan dioperasikan secara fungsional saat arus mudik.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kendaraan melintasi jalur fungsional ruas jalan tol Solo-Yogyakarta.
Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
(ILUSTRASI) Kendaraan melintasi jalur fungsional ruas jalan tol Solo-Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO — Ruas jalan tol Solo-Yogyakarta akan dibuka secara fungsional untuk mendukung arus mudik dan balik Lebaran 2024. Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo, Rudy Hardiansyah, menyebut ada sejumlah layanan yang akan disiagakan untuk memudahkan para pengguna jalan tol.

Salah satunya layanan mobil penyediaan bahan bakar minyak (BBM). Untuk itu, kata Rudy, pihaknya akan bekerja sama dengan Pertamina. “Jadi, nanti ada tim yang mobil untuk penyaluran BBM,” ujar Rudy, saat mengecek kesiapan jalan Tol Solo-Yogyakarta, Selasa (2/4/2024).

Baca Juga

Layanan BBM mobil itu untuk memudahkan pengguna kendaraan yang kehabisan BBM saat berada di jalan tol Solo-Yogyakarta. Selain layanan BBM mobil, Rudy mengatakan, pihaknya akan menyiapkan toilet portabel di kilometer (km) 13 jalan Tol Solo-Yogyakarta, serta posko mudik di sejumlah titik. 

Jalan Tol Solo-Yogyakarta, ruas Kartasura-Ngawen, Klaten, akan dioperasikan secara fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran 2024. Menurut Rudy, ruas tol sepanjang sekitar 22 kilometer itu akan mulai dioperasikan pada 5 April-15 April pukul 06.00–17.00 WIB.

 

Menurut Rudy, ruas tol yang difungsikan akan diberlakukan satu arah. Pada periode 5-11 April 2024 rencananya dibuka dari arah Solo menuju Yogyakarta. Kemudian pada 12-15 April 2024 untuk arah sebaliknya.

Kendaraan yang diperbolehkan melintasi ruas jalan tol tersebut rencananya hanya tipe kendaraan roda empat golongan 1 atau nonbus. Untuk kecepatan kendaraan dibatasi maksimal 40 kilometer per jam. Dengan dibukanya ruas tol tersebut, menurut Rudy, waktu tempuh Kartasura menuju Klaten hanya sekitar 25 menit. Adapun jika melewati jalan nasional Yogyakarta-Solo waktu tempuhnya disebut sekitar 50 menit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement