Rabu 03 Apr 2024 17:05 WIB

Perbaikan Jalan di Trenggalek Dikebut Jelang Momen Lebaran

Perbaikan jalan dilakukan di sejumlah lokasi, termasuk jalur wisata.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Perbaikan jalan.
Foto: Antara/Destyan Sujarwoko
(ILUSTRASI) Perbaikan jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, TRENGGALEK — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, Jawa Timur, berupaya mengebut perbaikan sejumlah ruas jalan menjelang momen Lebaran 2024, termasuk arus mudik dan balik. Perbaikan juga dilakukan di ruas jalan menuju kawasan wisata.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyebut progres perbaikan jalan di sejumlah lokasi bervariasi. Ada yang masih berproses, ada juga yang sudah beres. Ia mencontohkan perbaikan ruas jalan Umplengan-Mlinjon sepanjang sekitar 6,6 kilometer di wilayah Kecamatan Dongko. Proyek perbaikan jalan dengan anggaran sekitar Rp 11 miliar masih berproses.

Baca Juga

Bupati sempat meninjau langsung perbaikan ruas jalan Umplengan-Mlinjon. Berdasarkan pantauan, di beberapa bagian sudah diberikan lapis resap pengikat (prime coat) dan beberapa di antaranya masih diberi agregat. 

“Teman-teman sudah siap untuk mengaspal. Dikebut sebelum Lebaran, paling tidak tercapai kurang lebih 50 persen karena angkutan menjelang Lebaran ini juga dibatasi. Semoga sebelum Lebaran 50 persen sudah bisa dinikmati warga. Kemudian setelah Lebaran kita lanjut lagi,” kata Bupati, Selasa (2/4/2024).

Selain jalan antarkecamatan, Bupati mengatakan, ada beberapa ruas jalan di perdesaan yang dilakukan perbaikan dengan penambalan. Seperti ruas jalan yang kondisinya rusak di wilayah Kecamatan Pule dan Pogalan.

Bupati mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) juga memberikan dukungan untuk perbaikan atau pemeliharaan jalan. Seperti pemeliharaan dan perbaikan ruas jalan Durenan-Prigi, di mana pemprov mengalokasikan anggaran sekitar Rp 30 miliar.

Menurut Bupati, Pemkab Trenggalek juga berupaya membenahi akses menuju kawasan wisata Pantai Blado di Kecamatan Munjungan. Dengan anggaran sekitar Rp 500 juta, pemerintah melakukan pengerasan jalan untuk memudahkan akses wisatawan. “Ini menjadi salah satu atensi karena akses ini dipersiapkan untuk menyambut musim libur Lebaran,” ujar Bupati.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement