Kamis 04 Apr 2024 20:43 WIB

Kapolri Tinjau Terminal Purabaya Sidoarjo, Minta Sopir Bus Dipastikan Sehat 

Menhub menekankan pemeriksaan kelaikan bus di Terminal Purabaya.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Terminal Purabaya di Sidoarjo, Jawa Timur.
Foto: Antara/Umarul Faruq
(ILUSTRASI) Terminal Purabaya di Sidoarjo, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO — Kepala Polri (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan sopir bus dan Terminal Purabaya dalam menghadapi arus mudik Lebaran Idul Fitri 2024, Kamis (4/4/2024). Peninjauan terminal di Sidoarjo, Jawa Timur, itu dilakukan bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Kapolri menilai, secara umum Terminal Purabaya siap melayani penumpang pada masa arus mudik Lebaran. “Baru saja kita melaksanakan pengecekan secara langsung terkait dengan kesiapan dari fasilitas yang ada di pos terpadu dan pos pelayanan yang ada di Terminal Purabaya,” kata dia.

Baca Juga

Di Terminal Purabaya juga disediakan pelayanan kesehatan bagi penumpang maupun sopir bus. Dalam upaya menjaga keselamatan penumpang, dilakukan tes urine terhadap para awak bus. Kapolri meminta sopir bus dipastikan dalam kondisi sehat dan siap sebelum mengemudi.

“Kami pesan tolong betul-betul dilakukan pengecekan terhadap para pengemudi, untuk memastikan pada saat membawa penumpang pengemudi dalam keadaan sehat, dalam keadaan prima, dan tidak ada masalah-masalah,” kata Kapolri.

Dalam kesempatan itu, Kapolri juga mengingatkan personel kepolisian yang menjalankan tugas di Terminal Purabaya untuk meningkatkan kesiagaan. Terlebih, mendekati hari Lebaran, jumlah penumpang Terminal Purabaya diprediksi semakin meningkat. 

Pos polisi disiagakan di terminal untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban. “Tentunya kita minta untuk seluruh petugas yang ditugaskan untuk terus memberikan pelayanan terbaik,” kata Kapolri.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, Terminal Purabaya merupakan terminal terbesar dan tersibuk di wilayah Jawa Timur. Karena itu, kata dia, dilakukan pengecekan bersama jajaran Polri dan TNI guna memastikan kesiapan dan keamanan selama periode mudik Lebaran.

Menhub pun meminta pihak terminal betul-betul memastikan kelaikan jalan bus untuk melayani penumpang. Ia menekankan pemeriksaan kelaikan bus (ramp check), juga kesiapan para sopirnya. “Saya menitipkan pada rekan-rekan yang bertugas ini melakukan ramp check pada bus-bus yang akan berangkat,” kata Menhub.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement