Jumat 05 Apr 2024 16:58 WIB

Lalu Lintas Bus Arus Mudik di Terminal Jombor Sleman Meningkat

Puncak arus mudik di Terminal Jombor diprediksi terjadi akhir pekan ini. 

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Sejumlah bus di Terminal Jombor, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
(ILUSTRASI) Sejumlah bus di Terminal Jombor, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Lalu lintas bus di Terminal Jombor, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dilaporkan mulai meningkat pada arus mudik Lebaran ini. Puncak arus mudik di terminal tersebut diperkirakan terjadi pada akhir pekan ini. 

Menurut Kepala Balai Pengelolaan Terminal dan Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DIY Agnes Dhiany Indria Sari, peningkatan lalu lintas bus di Terminal Jombor mulai terlihat pada H-7 dan H-6 Lebaran. “Sudah mulai terjadi peningkatan,” kata dia di Terminal Jombor, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga

Agnes mengatakan, jumlah bus yang masuk Terminal Jombor meningkat kurang lebih 7,49 persen. Rata-rata harian jumlah bus yang tiba di terminal disebut sebanyak 334 unit. Adapun saat ini rata-ratanya disebut 359 bus.

Bus yang berangkat dari Terminal Jombor pun meningkat. Menurut Agnes, peningkatannya sekitar 7,61 persen, di mana rata-rata harian 335 bus, sedangkan saat ini mencapai sekitar 360 bus.

Agnes mengatakan, puncak arus mudik di Terminal Jombor diperkirakan terjadi pada Sabtu dan Ahad besok karena sudah masuk masa libur. “Perkiraan sekitar 3.ooo orang (penumpang) per hari untuk jumlah yang akan datang,” katanya.

Menurut Agnes, pada arus mudik ini penumpang didominasi dari arah Lampung, Palembang, Jambi, dan Belitung. Sedangkan pada arus balik, kata dia, biasanya paling banyak mengarah ke Jabodetabek. “Arus balik nanti mungkin sekitar 3.500 penumpang,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement